MTP Hadir Untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan Jambi

PROGRAM Studi (Prodi) Magister Teknologi Pendidikan (MTP) merupakan program studi pendidikan pertama tingkat pascasarjana di lingkungan Universitas Jambi. MTP didirikan pada tahun 2007 dengan jumlah mahasiswa angkatan 1 berjumlah 67 orang, saat ini mahasiswa MTP berjumlah 436 orang dengan jumlah alumni sebanyak 162 orang. Prodi ini diasuh oleh 33 dosen dengan kualifikasi doktor, dan 11 orang diantaranya telah bergelar guru besar. Prodi saat ini telah memiliki 7.550 koleksi perpustakaan, 4.050 koleksi dalam bentuk cetak dan 3.500 dalam bentuk elektronik (e-book dan e-journal). Prodi MTP juga memiliki laboratorium produksi multimedia pembelajaran. Program studi ini dapat diakses melalui website http://www.unja.ac.id/mtp, disamping itu Prodi telah mengembangkan Sistem Informasi Akademik melalui http://mtpunja.com dan juga Jurnal Tekno-Pedagogi melalui http://www.unja-edutechmtp.com.

Pembelajaran di MTP tidak hanya mentransfer pengetahuan dari dosen kepada mahasiswa, akan tetapi lebih difokuskan pada  learning how to learn. Prinsip learning how to learn akan meningkatkan keterampilan belajar mahasiswa. Kete­rampilan belajar yang tinggi akan dapat membantu para guru menyesuaikan tuntutan perubahan zaman. Andragogical approach dite­rapkan secara luas dalam pembelajaran di MTP, sehingga pembelajaran lebih mengutamakan diskusi dan penelusuran materi perkuliahan secara mandiri.

Prodi MTP menawarkan kurikulum yang memungkinkan para alumninya memiliki kompetensi dalam merancang pembelajaran (instructional design), mengembangkan sistem penyampaian (content delivery system), mengembangkan multimedia pembelajaran (multimedia learning), mengembang bahan ajar (learning material), mengembangkan lingkungan belajar (learning environment) dan mengembangkan evaluasi pembelajaran (learning evaluation). Disamping itu juga prodi ini memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengembangkan distance learning dan instructional design dalam berbagai tujuan, seperti untuk kegiatan pelatihan dan workshop.  Teknologi Pendidikan seba­gai bidang ilmu interdi­sipliner telah berkembang secara eksponensial, sehingga selalu dapat mengikuti perubahan mode pembelajaran dan pendidikan. Makna teknologi tidak hanya diartikan sebagai tool, akan tetapi juga sebagai knowledge, activities, process dan sociotechnical system. Produk unggulan dari MTP PPs Universitas Jambi adalah multimedia lear­ning dan learning material development, sehingga mayoritas tugas akhir mahasiswa mengadopsi development research yang merupakan trend terbaru dalam metode penelitian. Beberapa produk dari MTP (riset bersama antara mahasiswa dan dosen) yang telah mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak antara lain: (lihat pada Tabel).

Para alumni MTP saat ini telah tersebar di seluruh kabupaten / kota yang ada di Propinsi Jambi, mereka telah menjadi agen perubahan dilingkungannya masing-masing. Mayoritas diantara mereka telah menjadi narasumber dan inspirator pembaharuan diforum learning community seperti KKG (Kelompok Kerja Guru) dan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Di KKG dan MGMP tersebut dilaksanakan kegiatan diskusi, pelatihan dan workshop para guru dalam mengembangan profesi mereka.  Forum KKG dan MGMP menjadi tempat yang sangat efektif bagi guru untuk sharing dan berkolaborasi satu sama lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah masing-masing. Alumni MTP yang telah tersebar diberbagai sekolah dan lembaga diklat telah dapat memberikan imbas positif terhadap teman sejawat dan juga kepada para siswa / peserta kursus.

Disamping itu saat ini telah ada 5 orang mahasiswa yang melanjutkan program doktor di PTN dalam negeri dan luar negeri. Prodi MTP tidak hanya memberikan dampak positif bagi stakeholder eksternal kampus, akan tetapi juga stakeholder internal kampus dalam bentuk sumber pembaharuan orientasi riset mahasiswa S1 yang ada dilingkungan FKIP Universitas Jambi. Fasilitas belajar dan sumber-sumber belajar yang ada di Prodi MTP telah dimanfaatkan secara luas oleh Prodi Magister Pendidikan IPA dan juga oleh mahasiswa S1 FKIP Unja dalam menyelesaikan tugas akhir mereka. Prodi MTP juga telah menginisiasi dan memfasilitasi pembukaan program studi pendidikan lainnya di lingkungan PPs Unja.

Mulai semester ganjil tahun akademik 2012/2013 Prodi MTP akan membuka kelas bilingual. Pembelajaran dikelas tersebut minimal 50 % dilaksanakan dalam Bahasa Inggris. Program ini dua tahun mendatang akan dikembangkan menjadi kelas internasional dan atau double degree.

Untuk keperluan tersebut Prodi MTP PPs Unja telah merintis kerjasama dengan La-Trobe University Australia, sebagai embrio untuk mewujudkan program studi yang siap berkompetisi secara global. Disamping itu program studi ini pada tahun 2012 ini akan mengusulkan pembukaan program doktor secara mandiri, hal ini dikarenakan secara akademik sumberdaya yang ada dilingkungan MTP sangat mencukupi dan potensi untuk berkembang sangat besar.(*)

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *