Faperta Adakan FGD Masterplan Kawasan Perkebunan Berbasis Karet

Faperta Adakan FGD Masterplan Kawasan Perkebunan Berbasis Karet

Mendalo,- Fakultas Pertanian (FAPERTA) mengadakan acara  Focus Goup Discussion (FGD)  mengenai Masterplan Kawasan Perkebunan Berbasis Karet Provinsi Jambi, Selasa (18/10) di Lt. III Ruang Senat Gedung Rektorat Universitas Jambi.

Focus Group Discussion dihadiri oleh 60 peserta dari berbagai instansi pemerintahan Provinsi Jambi  yaitu Dinas Perkebunan, Dinas Perindustrian, Dinas Kehutanan, Dinas Koperasi. Tujuan dari acara ini membahas berbagai materi yang sangat strategis untuk membantu perkembangan perkebunan komoditi karet di Provinsi Jambi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Acara dibuka langsung Dekan Faperta Dr. Ir Ahmad Riduan M.Si  dalam sambutannya mengatakan “Focus Group Discussion ini membahas berbagai materi yang sangat strategis untuk membantu perkembangan perkebunan terutama komoditi karet di Provinsi Jambi yang memiliki potensi yang sangat besar“. Ujarnya

“Sekarang di Jambi sudah hampir menempati 700 hektar karet yang kini telah berimbang dengan kelapa sawit. Kemudian karet di Provinsi Jambi memang mempunyai potensi yang sangat besar namun banyak bermunculan masalah dari hulu sampai kehilir yang harus diurai satu persatu “.Lanjutnya .

Selain itu, dengan adanya Masterplan menjadi acuan untuk mengarah ke Action Plan agar komoditi karet di Provinsi Jambi tetap bertahan. “Masterplan  bisa menjadi acuan untuk lebih lanjut mengarah ke Action Plan sesuatu yang harus benar-benar kita lakukan agar komoditi karet di Provinsi Jambi tetap bertahan pada posisinya dan juga bisa meningkatkan kesejahteraan petani”.

“Mudahan dengan kerja sama ini Dishut dengan Fakultas Pertanian membawa suatu pencerahan yang lebih baik, terutama untuk para petani kita terus bertahan menekuni berusaha dibidang perkebunan karet dan juga mengimbas kepada pendapatan Provinsi Jambi dan pendapatan nasional”. Harapnya.

Focus Group Discussion Masterplan Kawasan Perkebunan Berbasis Karet Provinsi Jambi menghadirkan  5 pemateri dosen fakultas pertanian yaitu Prof. Dr. Ir. Dompak Napitulu, M.Sc. , Ir. Gindo Tampubolon, M. Sc.   , Ir. Mohd. Zuhdi, M.Sc      , Ir. Elwamendri, M.S.   dan Dr. Sosiawan Nusifera, S.P., M.P. (mg3)

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *