Budidaya Bibit Anggrek Tanpa Tanah

Budidaya Bibit Anggrek Tanpa Tanah

anggrekMuaro Jambi-Mahasiswa Falkultas Pertanian (Faperta) Jurusan Agroekoteknologi Universitas Jambi (Unja) melakukan pembudidayaan tumbuhan anggrek dengan kultur jaringan. Saat ditemui Berita Aktual, Agus Budiarto, Mahasiswa Faperta yang membudidaya tanaman tersebut mengatakan, dengan metode kultur jaringan tersebut merupakan kegiatan penanaman tumbuhan dengan tidak menggunakan lahan atau tanah, melainkan tumbuh ditempatkan di dalam sebuah botol kultur.

“Tanaman ini tidak menggunakan lahan atau tanah, namun hanya menggunakan botol kultur. Setelah 3 bulan baru dipindahkan ke lahan ataupun tanah, yang bertujuan agar buah yang dihasilkan bisa lebih baik,” terang Agus, Kamis (12/11).

Saat disinggung mengenai cara menentukan bibit yang baik, Agus mengaku bahwa untuk melihat hal tersebut baru dapat dipastikan setelah bibit sudah berusia 2 bulan lebih.

“Sekarang masih tahap awal penanaman, baru berjalan 6 minggu, kalau untuk menentukan bibit bagus atau tidaknya, bisa di tentukan dalam kisaran 2 bulan kedepan,” jelasnya.

Sejauh ini, lanjutnya, untuk pengembangan cara kultur jaringan hanya masih dalam tahap pratikum, mengingat tanaman angrek hanya sedikit dikembangkan untuk cara pembibitan. Untuk alat yang digunakan dalam proses penanaman, dirinya menggunakan botol kultur, yaitu botol yang steril dan sudah diberikan kandungan bahan kimia seperti media berbahan garam mineral, vitamin dan hormon.

“Botol kultur ini sudah steril dan sudah diberikan perlakuan khusus seperti adanya kandungan hormon NaHCl (bahan kimia),” akuinya.

Dengan penelitian tanaman anggrek melalui kultur jaringan tersebut, Agus berharap temuannya tersebut bisa menciptakan tanaman yang tahan lama dan terhindari dari gagal panen.

“Semoga tanaman ini bisa tahan lama, berkualitas, serta terhindar dari gagal tumbuh, berjamur, dan bercendawan, karena penyakit tersebut yang sering mengganggu tanaman,” pungkas Agus.

Reporter : Sanusi

Redaktur: Hilman Yusra

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *