Tingkatkan Kualitas Mahasiswa PPL Melalui Micro Teaching

Tingkatkan Kualitas Mahasiswa PPL Melalui Micro Teaching

FormatFactoryIMG_2525Muaro Jambi – Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) semester genap tahun ajaran 2016/2017 Universitas Jambi (Unja) kembali diberikan pembekalan micro teaching sebelum turun ke sekolah menjalani Program Pengalaman Lapangan (PPL), sebanyak 285 mahasiswa FKIP mengikuti Micro teaching yang berlangsung di Balairung UNJA Mendalo dimulai dari 13 hingga 25 Februari.

Saat ditemui Drs. Imam Suwardi, M.Pd., selaku ketua Program PPL menjelaskan, dalam kegiatan tersebut mahasiswa diberi pembekalan berupa delapan keterampilan dasar mengajar dan pembekalan mengenai kurikulum, pendekatan scientific, dan strategi yang berkaitan dengan sekolah.

“Mahasiswa dibekali ilmu delapan keterampilan dasar mengajar yang terdiri dari keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, memimpin diskusi kelompok kecil, mengajar dan membimbing kelompok kkecil, mengelola kelas. Kemudian, dikenalkan pendekatan kurikulum, pendekatan scientific, dan juga strategi yang berkaitan dengan sekolah,” jelasnya, Selasa (14/2).

Lanjutnya dengan diadakannya micro teaching akan membantu mempersiapkan mental mahasiswa dalam mengajar siswa di kelas dan bisa berjalan dengan baik hingga selesai PPL.

“Dengan pembekalan ini mahasiswa tidak lagi merasa takut atau canggung atau demam panggung saat berada di depan siswa sehingga bisa berjalan dengan baik sampai akhir semester ini,” tutur dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNJA.

Tambahnya mahasiswa yang terlambat dalam mengikuti micro teaching akan diperpanjang waktu pembekalan hingga menjelang mahasiswa terjun ke sekolah pada 27 Februari 2017.

“Mahasiswa yang sering absen maka akan diperpanjang ditambahkan waktu micro teaching sampai menjelang turun ke sekolah pada 27 Februari mendatang” tutupnya.(dani)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *