DIALOG LITERASI, BEM UNJA GANDENG PEMPROV

DIALOG LITERASI, BEM UNJA GANDENG PEMPROV

Mendalo,- Bertempat di Balairung Kampus mendalo Pinang Masak Universitas Jambi, ribuan mahasiswa dari berbagai kampus terlihat memadati balairung. Ribuan mahasiswa tersebut merupakan peserta Talk Show dan dialog literasi ditengah arus kekinian dihadiri oleh Najwa Shihab, duta baca Indonesia dan Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli.
TalkShow dan Dialog literasi ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Jambi bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jambi. Dalam acara ini dihadiri Rektor Unja, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D., Ketua Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra, dan para pejabat FORKOMPINDO serta pejabat dilingkungan Universitas Jambi.
Dalam sambutannya Rektor mengingatkan kepada seluruh peserta dan undangan yang hadir bahwa pentingnya membaca untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi diri.
“Allah Perintahkan didalam Alquran kepada umatnya untuk membaca, dan didalam Alquran Allah juga mengatakan akan mengangkat orang yang beriman dan berilmu itu beberapa derajat, artinya manusia tidak bisa berilmu tanpa membaca, tidak bisa membaca tanpa ada literatur dan referensi yang memadai dan valid, karena itu saya sebagai Rektor Universitas Jambi sangat memberikan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan Komisi X DPR RI yang telah menginisiasikan acara ini,” Ujar Rektor.

FormatFactoryHMS_1699 FormatFactoryHMS_1698
Sementara itu Ketua Komisi X DPR RI, Ir. H. Sutan Adil Mahendra mengatakan suatu momentum yang sangat cerdas kerjasama perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Daerah mengapresiasi kegiatan seperti ini.
“Semangat literasi ini dengan mengambil tema sesuatu yang luar biasa di tengah krisis minat baca dan ini untuk pertama kalinya diadakan di seluruh Indonesia, karena litarasi kita sangat memprihatikan dari 61 negara yang di survei kita menempati posisi ke 60 artinya Indonesia memiliki minat baca yang sangat rendah, jika tidak kita cari solusinya dengan cerdas tentu bangsa yang begini besar bangsa yang tinggi peradabannya sungguh sangat meprihatinkan,” Ujar Sutan Adil.
Sementara itu Secara langsung Deputi Pengembangan Sumberdaya Arsip, Badan Perpustakaan dan arsip Nasional Dra. Waro Mini mengatakan dengan keterlibatan Gubernur jambi ini merupakan kepedulian Pemerintah dalam meningkatkan kepedulian membaca. Selain itu banyaknya peserta dari berbagai elemen, merupakan salah satu kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kepedulian membaca.“Kami sangat berharap kegiatan ini tidak hanya sampai disini saja dan akan terus berlanjut sampai ke level berikutnya,” katanya. (lia/wan)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *