4.363 PESERTA IKUTI SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS JAMBI

4.363 PESERTA IKUTI SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS JAMBI

REKTOR: PESERTA UNJA TERBANYAK KEDUA DI SMMPTN BARAT

Mendalo-Sebanyak 4.363 peserta Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-BARAT) Tahun 2017 bersaing masuk Universitas Jambi (UNJA) melalui ujian tulis, sabtu (8/7).

Kepala Humas Unja Akbar Kurnia Putra, S.H., M.H. mengatakan, kelompok ujian SMM PTN-BARAT 2017 terbagi atas tiga jenis tipe ujian, yaitu kelompok ujian Saintek dengan materi ujian TKPA, TKD dan Saintek, kelompok ujian Soshum dengan materi ujian TKPA, TKD, dan Soshum, serta kelompok ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKS, Saintek, dan Soshum.

FormatFactoryapril-rektor beserta WR 1 memantau situasi ujian FormatFactoryapril-rektor memantau calon mahasiswa yang sedang ujian

“dari 4.363 peserta SMMPTN-BARAT Unja, sebanyak 1.479 peserta atau 33,90% memilih tipe ujian saintek. Kemudian 2.415 peserta atau 55,35% memilih tipe ujian soshum, dan 469 peserta atau 10,75% memilih kategori campuran,” ujar Akbar.

Akbar juga menambahkan, Selain menlaksanakan ujian tulis, peserta yang memilih program studi ilmu keolahragaan dan ilmu budaya diwajibkan untuk mengikuti ujian keterampilan.

“Untuk ujian keterampilan, peserta untuk program studi ilmu keolahragaan berjumlah 58 peserta. Sedangkan untuk program ilmu budaya, peserta yang diwajibkan mengikuti ujian keterampilan berjumlah 39 peserta” tambah Akbar.

Selain data yang disajikan diatas, seleksi mandiri masuk perguruan tinggi tahun ini juga ada peserta berkebutuhan khusus yang mengikuti ujian. Panitia seleksi juga telah menyiapkan pendamping khusus agar dapat membantu peserta tersebut.

FormatFactoryapril-suasana calon mahasiswa yang sedang melaksanakan ujian

“iya benar, tahun ini kita menerima satu peserta seleksi mandiri berkebutuhan khusus. Kita juga telah menyiapkan pendamping khusus agar dapat memandu peserta tersebut menyelesaikan soal-soal ujian” kata Akbar.

Dari daftar rekaptulasi peserta yang dimiliki oleh panitia seleksi, jumlah peserta ujian ternyata tidak hanya dari Propinsi Jambi saja, melainkan juga berasal dari 22 Propinsi se-Indonesia.

“dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia, tercatat peserta ujian seleksi mandiri yang mendaftar ke Unja berasal dari 22 Provinsi di Indonesia. Bahkan ada peserta yang berasal dari luar negeri yang memilih mengikuti ujian seleksi mandiri di Unja” tutup Akbar

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Jambi (Unja) Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D mengatakan, peserta tes atau ujian melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) wilayah barat 2017 di perguruan tinggi tersebut mencapai 4.363 peserta atau terbanyak ke-dua setelah Universitas Andalas.

“Unja nomor dua peserta terbanyak dari 16 perguruan tinggi di wilayah barat yang menyelenggarakan tes melalui jalur SMMPTN 2017,” Ujar Rektor.

Rektor juga berharap dengan diselenggarakannya seleksi mandiri ini Unja mendapatkan calon-calon mahasiswa yang berkualitas sehingga meningkatkan kualitas pendidikan di Propinsi Jambi.

“harapan saya, dengan diselenggarakannya SMMPTN Barat ini Unja mendapatkan bibit-bibit mahasiswa yang berkualitas. Selain itu, Unja juga memprioritaskan putra daerah yang ada di Jambi sehingga kualitas pendidikan di Propinsi Jambi dapat terus ditingkatkan” tutup rektor.
Program SMMPTN-BARAT 2017, pada dasarnya merupakan jalur seleksi mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama. Seperti halnya SBMPTN, SMMPTN-BARAT adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper-based Test), atau menggunakan komputer (Computer-based Test), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMMPTN-BARAT yang dilaksanakan secara serentak bersama 16 PTN yang ada di wilayah barat Indonesia.
Sementara hasil ujian SMMPTN-BARAT akan diumumkan pada tanggal 18 Juli 2017 mulai pukul 14.00 WIB yang diumukan secara online pada situs http://www.smmptnbarat.id.

Reporter: Tim Humas Unja
Redaktur: Akbar Kurnia Putra, S.H., M.H.
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *