816 MAHASISWA MENERIMA BEASISWA BIDIKMISI

816 MAHASISWA MENERIMA BEASISWA BIDIKMISI

REKTOR: GUNAKAN UNTUK BIAYA PENDIDIKAN

Mendalo-Sebanyak 816 mahasiswa Universitas Jambi (Unja) angkatan 2017 menerima beasiswa program Bidikmisi yang bertujuan menunjang akses pendidikan bagi mahasiswa kurang mampu  melalui mekanisme seleksi dan verifikasi.

FormatFactoryHMS_5567
Penyerahan beasiswa Bidikmisi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) itu langsung diserahkan oleh Rektor Unja Prof H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D dan Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra di Kampus Pinang Masak Unja Mendalo, Muarojambi, Senin(04/12).

“Beasiswa Bidikmisi tersebut sangat penting, dan betul-betul dimanfaatkan untuk biaya pendidikan. Jangan sampai disalahgunkan peruntukannya,” kata Rektor dihadapan para mahasiswa.

FormatFactoryHMS_5568
Bidikmisi tambah Rektor, merupakan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik, untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi hingga lulus tepat waktu.

“Kriteria yang menerima itu telah ditentukan, yakni mahasiswa yang tidak mampu dari segi finansial, namun mampu dari segi akademiknya, jadi beasiswa tersebut harus dimanfaatkan untuk menunjang biaya pendidikan dan harus lulus tepat waktu,” katanya.

FormatFactoryHMS_5582
Sementara itu, Wakil Rektor  Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Ir. Abdul Azis, M.Si mengatakan, sebelumnya total calon mahasiswa yang mendaftar beasiswa program Bidikmisi sebanyak 1.210 orang melalui jalur seleksi SNMPTN dan SBMPTN di Universitas Jambi itu.

“Akan tetapi dari jumlah yang mendaftar itu setelah diseleksi dan dilakukan verifikasi faktual di lapangan oleh tim, maka yang diterima adalah sesuai dengan kuota yang diberikan hari ini,” katanya.

Dijelaskannya, kuota awal beasiswa Bidikmisi untuk universitas tertua di Provinsi Jambi itu adalah sebanyak 650 kuota, namun kemudian mendapat tambahan kuota sehingga pada angkatan 2017 ini total kuota Bidikmisi untuk Unja sebanyak 816 mahasiswa.

“Beasiswa Bidikmisi ini untuk meningkatkan akses pendidikan di perguruan tinggi bagi peserta didik SLTA sederajat dari kalangan keluarga yang tidak mampu, tapi memiliki prestasi akademik yang tinggi sehingga masih bisa melanjutkan pendidikannya,” jelasnya.
Adapun Beasiswa Bidikmisi yang diberikan kepada mahasiswa penerima itu berjumlah Rp6.300.000, yang diberikan per semester untuk menunjang segala biaya pendidikan selama kuliah diperguruan tinggi itu hingga lulus menjadi sarjana.

“Dari pemberian beasiswa ini konsekuensinya mahasiswa penerima harus meningkatkan prestasi akademiknya. Akan ada evaluasi per semester, dan bila penerima tidak meningkatkan prestasi maka akan dialihkan,” katanya menambahkan.

YULIA NENGSIH
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *