FISIPOL Unja Gelar Kuliah Umum

FISIPOL Unja Gelar Kuliah Umum

Walikota Jambi sebagai Keynote Speaker

Mendalo – Penambahan wawasan bagi pembekalan mahasiswa UNJA terus diasah. Bertempat di geduang aula rektorat lantai lll Unja Mendalo, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) mengelar Kuliah Umum bertemakan “Politik Kebijakan Anggaran Kepala Daerah dalam Menyusun APBD Pro Rakyat.”

FormatFactoryxfasha-kuliah-umum3.jpg.pagespeed.ic.jaj-gLSTI1 FormatFactoryIMG-20171119-WA0028
Kuliah umum yang digelar FISIPOL menghadirkan Walikota Jambi, Dr. H. Sy Fasha, M.E sebagai pembicara dihadapan mahasiswa Program Studi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jambi. Dalam pemaparannya Walikota Jambi menyampaikan, best practicenya mengenai Politik Kebijakan Anggaran Kepala Daerah dalam Menyusun APBD Pro Rakyat.
“APBD yang baik adalah APBD yang dirancang berdasarkan pada kepentingan rakyat bukan kepentingan golongan atau pemerintah itu sendiri,”ungkap Walikota Jambi.
Pemerintah Kota Jambi saat ini telah mengimplementasikan sistem penganggaran APBD E-Planing yang terstruktur, transparan, akuntabel dan tersistem dengan baik. Alur mekanisme konsep E-planing dengan menetapkan strandar merit point.

FormatFactory400x208xfasha-kuliah-umum2.jpg.pagespeed.ic.wHK2Q---He
Merit point berfungsi untuk menampung usulan masyarakat oleh ketua RT dalam mengusulkan pembangunan melalui Musrembang. Angka tertinggi skala prioritas sistem merit point diprioritaskan pembangunan sosial dan fasilitas umum. E-planing memperkecil adanya kongkalikong titipan dari pihak lain. Sehingga dengan adanya E-planing akan terciptanya APBD yang sesuai dengan kebutuhan rakyat.

FormatFactoryIMG-20171117-WA0042
Mahasiswa sangat antusias mendengar pemaparan dari Walikota Jambi pada perkuliahan umum tersebut. Pada sesi dialog berbagai pertanyaan pun dilontarkan oleh beberapa mahasiswa, selain mendapatkan jawaban langsung dari Walikota, mahasiswa juga tampak puas dengan best practice yang disampaikan tersebut.

IRWAN
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *