DARI LPTIK UNTUK UNIVERSITAS JAMBI YANG BERLAYANAN DIGITAL

Universitas Jambi yang merupakan universitas terbesar di Propinsi Jambi mempunyai visi terwujudnya Universitas Jambi sebagai perguruan tinggi yang bermutu dengan berbagai pusat unggulan yang inovatif dan kompetitif secara nasional dan internasional pada tahun 2025. Untuk mewujudkan visi ini Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Jambi berkomitmen untuk mendukung tercapainya visi tersebut, serta bertujuan menjadikan Universitas Jambi yang berlayanan digital .

Berbagai tantangan harus dihadapi guna mewujudkan visi dan tujuan LPTIK. Tantangan tersebut  diantaranya adalah kampus-kampus yang belum terkoneksi dalam suatu network, jumlah dosen dan staf yang terkelompok non-digital native sangat besar, aplikasi online yang masih terbatas, serta sarana dan prasarana TIK yang belum memadai. Tetapi Alhamdulillah berkat dukungan penuh dari Rektor dan pimpinan serta segenap civitas akademika Universitas Jambi maka tantangan demi tantangan tersebut telah dapat diselesaikan, dan dipenghujung tahun 2017 ini LPTIK sudah semakin dekat dengan tujuannya.

Pekerjaan pertama yang dilakukan di awal tahun 2017 adalah mengkoneksikan semua kampus Universitas Jambi dalam satu Network komputer. Universitas Jambi terdiri atas 8 kampus yang tersebar di Propinsi Jambi yaitu kampus Mendalo,  Telanai Pura, Kedokteran di Buluruan, Kampus Unja Pasar, Pondok Meja, Muara Bulian, Sarolangun, dan Muara Sabak. Kesemua kampus tersebut saat ini sudah terhubung dalam satu network fiber optik melalui jaringan metro sehingga memudahkan bagi warga kampus untuk mengakses datacenter Universitas Jambi dan internet guna keperluan presensi, monitoring kuliah, dan sebagainya. Untuk memenuhi kebutuhan administrasi perkantoran akan internet telah  tersedia bandwidth Astinet sebesar 250 Mbps, besar bandwidth ini meningkat lebih dari 100% dari tahun sebelumnya yaitu 110 Mbps. Sementara itu untuk memenuhi kebutuhan internet bagi dosen dan mahasiswa telah disediakan 100 Access Point melalui program Zero Blank Spot yang bandwidth masing-masingnya adalah 20 Mbps. Dengan demikian secara sederhana dapat dikatakan bahwa total bandwidth untuk civitas Universitas Jambi adalah 2, 25 Gbps — suatu layanan yang memadai.

1Masih di awal tahun 2017, Rektor Universitas Jambi Prof. Johni Najwan, SH., MH, PhD melakukan Launching wajah baru website resmi Universitas Jambi www.unja.ac.id yang berisikan informasi tentang Universitas Jambi selayang pandang, struktur organisasi, video profil Universitas Jambi, kegiatan, dan opini. Terdapat tautan ke berbagai website fakultas dan unit kerja. Website ditampilkan dalam dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Saat ini website sudah dilengkapi dengan laman informasi publik, yang menyediakan semua informasi dengan kategori informasi berkala dan informasi serta merta. Prosedur mendapatkan informasi juga disediakan dihalaman ini. Website ini dikelola oleh Humas Universitas Jambi dengan artikel/berita/pengumuman yang update setiap minggunya.

2Untuk membantu terlaksananya akademik yang baik, maka LPTIK Univeristas Jambi mengembangkan dan menerapkan sistem informasi akademik (SIAKAD) baru. Aplikasi berbasis web yang berbasiskan Peraturan Akademik Universitas Jambi tahun 2017 dan beralamat https://siakad.unja.ac.id ini telah disetujui penggunaannya oleh Senat Universitas Jambi dan diresmikan penggunaannya oleh Rektor Universitas Jambi tanggal 4 Juli 2017. Kegunaan aplikasi adalah untuk menyimpan data dan mengelola kegiatan akademik di Universitas Jambi. Data yang disimpan meliputi data dosen, mahasiswa, mata kuliah, kurikulum, rencana dan hasil studi mahasiswa. Kegiatan yang dapat dilakukan secara online pada aplikasi akademik ini adalah pembuatan jadwal kuliah, kontrak perkuliahan, monitoring kuliah, penilaian, pendaftaran Kukerta, dan pendaftaran wisuda. Beberapa keluaran utama dari aplikasi adalah hasil studi persemester, transkrip nilai, jadwal kuliah, dan laporan monitoring perkuliahan. Informasi dari sistem akademik ini dapat digunakan untuk borang akreditasi program studi maupun universitas.

Selain aplikasi SIAKAD, saat ini terdapat belasan aplikasi berbasis web yang sudah dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika Universitas Jambi, yaitu Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIMAWA), Sistem Pembayaran secara elektronik (Epayment), Sistem Persuratan Online, Open Jurnal System, Open Conference System, Aplikasi SMS Broadcast, Sistem Informasi Perpustakaan, Repository Universitas Jambi, Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, mobile presensi, pelacakan lulusan, dan beberapa aplikasi e-learning.

3Sementara itu untuk meningkatkan layanan yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan maka saat ini LPTIK telah dilengkapi dengan Helpdesk yang bertugas untuk memberikan solusi dan kebutuhan TIK civitas akademika Universitas Jambi. Layanan yang diberikan diantaranya adalah instalasi software original produk microsoft, email resmi dibawah domain unja.ac.id, domain, pembuatan website dosen dan unit kerja, serta layanan keperluan data dan informasi bagi civitas akademika. Semua jenis layanan dan cara mendapatkannya dapat dilihat melalui website resmi lptik di www.lptik.unja.ac.id.

4Beberapa fasilitas yang memanfaatkan internet juga tersedia di LPTIK berupa Selasar, Wifi corner, Lab komputer untuk kegiatan pelatihan dan CBT, dan ruangan video conference. Dengan tersedianya fasilitas lab Komputer yang sangat bagus maka LPTIK Univeristas Jambi telah dipercaya menjadi temapat test kemampuan bahasa Inggris maupun kompetensi secara online. Pada tahun 2017 LPTIK sukses membantu pemerintah dalam menyelenggarakan SBMPTN jalur Computer Based Test. Dalam tahun anggaran tahun 2017 Universitas Jambi melalui LPTIK menambah 100 personal computer (PC) baru.

Dipenghujung tahun 2017 ini masih berlangsung kegiatan pembuatan aplikasi-aplikasi baru yang sangat dibutuhkan oleh Univeristas Jambi seperti Aplikasi Pendukung Pengambilan Keputusan, Aplikasi Pengelolaan Aset, Aplikasi evaluasi dan kepuasan pelanggan, Aplikasi monitoring daya serap keuangan, Kepegawaian, dan Digital Performance Audit System.

5Untuk tahun 2018 LPTIK telah merencanakan kegiatan untuk memperoleh sertifikat ISO 27000. Dengan standarisasi ini maka kinerja LPTIK akan lebih baik lagi dan sekaligus menyediakan layanan bagi masyarakat luas. Hal ini akan menjadi Income Generating Unit bagi Universitas Jambi.  Usaha ini telah dimulai dengan meningkatkan pengetahuan staf LPTIK dibidang keamanan aplikasi dan jaringan melalui berbagai pelatihan, baik yang sifatnya mengirimkan staf maupun in house trainging. Kedepannya LPTIK akan lebih berperan dalam mengembangkan aplikasi yang dibutuhkan oleh Universitas Jambi dan meningkatkan besar bandwidth untuk akses internet yang lebih cepat. Kami percaya bahwa dengan jumlah aplikasi yang banyak, infrastruktur TIK yang memadai,  akses internet yang cepat, dan masyarakat kampus yang melek TIK maka akan mempercepat Universitas Jambi untuk menjadi the world class university.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com