UNJA SISIR KABUPATEN/KOTA SE-PROPINSI JAMBI SOSIALISASIKAN SNMPTN DAN SBMPTN TAHUN 2018

Mendalo– Seluruh pimpinan Universitas Jambi (Unja) diturunkan menyisir kabupaten/kota di Provinsi Jambi untuk mensosialisasikan tahapan dan pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018.

“Mulai akhir Januari 2018 kami berbagi tim untuk melakukan sosialisasi ke kabupaten/kota di Jambi. Untuk memastikan informasi sampai ke daerah dalam hal ini kepala sekolah dan guru SMA yang sederajat,” kata Rektor Unja Prof H Johni Najwan di Jambi, Sabtu.

Ia menyebutkan, seluruh pimpinan Unja antara lain wakil rektor, kepala unit dan lainnya turun melakukan sosialisasi. Kegiatan berupa penerangan tersebut bekerja sama dengan Dinas Pendidikan di kabupaten/kota masing-masing.

WhatsApp Image 2018-01-31 at 10.01.05 WhatsApp Image 2018-01-31 at 10.01.04
Tim sosialisasi SNMPTN dari Unja dan Panitia Lokal Jambi tersebut mulai melakukan kegiatannya pada Senin (29/1) di Kabupaten Kerinci, selanjutnya bergerak dan serentak di daerah lainnya.

“Saya sendiri dengan tim akan mulai melakukan sosialisasi di Kabupaten Kerinci, dan yang lainnya di sejumlah kabupaten/kota lainnya,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik yang juga Ketua Panitia Lokal SNMPTN/SBMPTN 2018 Prof Dr Muthalib.

Sementara itu Rektor Unja Prof H Johni Najwan dijadwalkan akan melakukan sosialisasi di Kabuapten Batanghari dan Kabupaten Muarojambi. Selain itu sosialisasi juga akan dilakukan melalui media masa cetak dan elektronik.

Selain mensosialisasikan tahapan SNMPTN, kata Rektor Johni Najwan juga untuk lebih mendekatkan Unja kepada masyarakat khususnya kalangan pendidik di daerah. Hal itu untuk meningkatkan jumlah pendaftar ke kampus itu.

“Upaya ini untuk lebih mendekatkan Unja dengan masyarakat, serta memberikan penjelasan langsung tentang tahapan penerimaan melalui SNMPTN dan SBMTN,” katanya.

Selain itu juga mengingatkan kepada sekolah untuk segera mendaftarkan Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) sehingga peserta didik bisa mengikuti proses seleksi SNMPTN yang telah bergulir sejak 13 Januari 2018.

Sementara itu SNMPTN 2018 telah diluncurkan pada 12 Januari 2018, dan tahapan pendaftaran melalui PDSS telah dimulai sejak 13 Januari 2018. Penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN berdasarkan prestasi dan kemampuan akademik siswa yang ditunjukkan dengan nilai pada buku raport SMA.

Universitas Jambi membuka kesempatan lebar bagi putra-putri di Provinsi Jambi untuk berkuliah di perguruan tinggi itu. Selain itu juga terbuka bagi siswa-siswi dari luar provinsi Jambi bahkan bagi calon mahasiswa asing.

“Jumlah peserta SNMPTN 2017 yang memilih kuliah di Unja ada peningkatan, demikian juga jumlah pendaftar dari Jambi. Kami membuka kesempatan itu melalui tiga saringan yang kami gelar yakni SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri. Selain itu, Unja juga memberikan fasilitas berkuliah bagi hafidz Alquran 30 Juz masuk tanpa seleksi.” Tutup Rektor.

ASEP SYAIFUDDIN
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com