ARKEOLOGI UNJA: PRODI BARU DENGAN SEGUDANG PRESTASI.

Mendalo– “Banyak berjalan, banyak pula yang dilihat. Banyak yang dilihat, maka semakin banyak pula yag kita ketahui. Raihlah kesempatanmu, dan jadikan pengalaman sebagai guru terdekatmu.” Tak banyak yang saya pesankan kepada empat mahasiswa Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya Univesritas Jambi yang pada sabtu pagi, 27 Januari 2017 berangkat ke Medan, Sumatera Utara guna memenuhi undangan penelitian Analisis Tembikar Situs Prasejarah Pulau Sumatera bersama EFEO (Ecole Francaise d’Extreme-Orient), bekerjasama dengan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, dan Balai Arkeologi Sumatera Utara. Undangan ini kali kedua, setelah kegiatan pertama di tahun 2017, mahasiswa arkeologi UNJA bersama penulis selaku dosen arkeologi yang juga tergabung dalam IAAI, Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia, juga turut terlibat aktif. Kegiatan arkeologi senantiasa bersifat spesifik, dan membutuhkan keahlian khusus bidang arkeologi. Sedangkan Ahli arkeologi masih tergolong langka di pulau Sumatera. Terlebih lagi Program Studi Arkeologi, hanya ada satu-satunya di Universitas Jambi. Satu-satunya di pulau Sumatera!

4 Program Studi Arkeologi yang berdiri pada tahun 2014, hingga saat ini memang belum menghasilkan lulusan, dan jumlah dosen yang sesuai latar belakang arkeologi juga baru satu orang dosen, yakni penulis sendiri. Namun walaupun demikian, keterbatasan dosen, peralatan lapangan, perlengkapan laboratorium yang juga masih terbatas tidak menyulutkan langkah Arkeologi UNJA untuk maju kekancah nasional dan menjajal pentas Internasional. Terhitung sejak tahun 2015 hingga tahun 2017, Prodi arkeologi Unja telah terlibat dalam kegiatan peneltian nasional sebanyak 12 kali penelitian, sedangkan penelitian berskala internasional terhitung sebanyak 5 kali: EFEO Francis sebanyak 2 kali, bersama Museum Sejarah Nasional Francis 2 kali, dan 1 kali dengan Tokai University, Jepang. Keseluruhan kegiatan peneltian tersebut senantiasa melibatkan mahasiswa arkeologi sebagai bagian dari transfer knowledge, juga bagian dari pembelajaran aktif. Alhasil jurnal-jurnal yang ditulis oleh dosen arkeologi, kerap mengikutsertakan nama mahasiwa yang terlibat dalam penelitian.
Pengabidan kepada masyarakat pun boleh dikata sama, Prodi Arkeologi sangat aktif dan progresif. Tidak heran, Prodi Arkeologi cukup dikenal ditengah masyarakat Jambi; terkhusus Muara Jambi, Sarolangun, Batanghari, dan Kerinci. Kegiatan pengabdian yang kini tengah dilangsungkan adalah membentuk dan membina komunitas sadar dan peduli sejarah warisan budaya Kabupaten Batanghari, dan Sorolangun.
Banyaknya keterlibatan Prodi Arkeologi Unja, baik dalam peneltian maupun pengabdian tidak terlepas dari MoU, dan Perjanjian Kerjasama yang telah dijalin sejak tahun 2015 hingga 2017. Prodi Arkeologi Unja telah menjalin kerjasama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya se-Sumatera, juga dengan Balai Arkeologi se-Sumatera, serta menjalin kerjasama dengan Departemen Arkeologi Universitas Gadjah Mada. Rupa-rupanya keaktifan dan kerja progresif yang dilakoni Arkeologi Unja berbuah pada Akreditasinya, yang telah berlangsung pada September 2017 silam. Alhamdulillah, berkat rahmat dan izin Allah yang maha kuasa, serta dukungan pihak Fakultas Ilmu Budaya, dan kerja keras dosen arkeologi Unja bersama-sama mahasiswa arkeologi hingga ahirnya Prodi Arkeologi Universitas Jambi memperoleh predikat B.

23
Tekad berpadu dengan optmisme, yang berbuah keberhasilan, akan menjadi motovasi dan inspirasi bagi mahaiswa Unja, dan arkeologi khususnya. Bahwa sejatinya Universitas Jambi pasti bisa; bisa berprestasi dan bisa setara dengan universitas papan atas Indonesia. Dan itu terbukti, kini akreditasi Prodi Arkeologi Unja sama predikatnya dengan Arkeologi Universitas Indonesia, Universitas Hasanudin, dan Universitas Udayana. Yakin dan percayalah, kualitas tak sepenuhnya karena lengkapnya fasilitas, nemun keyakinan, kerja keras, dan kerja Tuntas adalah kunci yang utama. Manjadda Wajada, Unja pasti bisa!

ASYHADI MUFSI SADZALI, S.S., M.A
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com