PRODI ARKEOLOGI UNJA RAIH AKREDITASI BAN-PT

2Mendalo– Universitas Jambi merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi di Sumatera yang memiliki program studi akeologi yang pada awal Januari 2018 mendapat akreditasi B Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Akreditasi B untuk Prodi Arkeologi diperoleh pada 3 Januari 2018, di Sumatera baru Unja satu-satunya yang memiliki prodi arkeologi,” kata Kepala Humas Unja Akbar Kurnia Putra di Jambi, Minggu.

Sertifikat akreditasi BAN-PT bernomor 56/SK/BAN-PT/Akred/S/I2018 menyatakan program studi arkeologi pada program sarjana Universitas Jambi terakreditasi B yang berlaku selama lima tahun atau hingga 2023.

Dalam keterangannya, Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Prof. Yundi Fitrah menyampaikan rasa syukur dan bangga atas prestasi yang diraih oleh FIB seraya berharap peningkatan prestasi ini dapat memicu prodi lainnya untuk memperoleh hasil maksimal

“Saya senang karena ini sebuah prestasi. Jadi mahasiswa yang lulus nantinya aman. Saya juga berharap, prodi lain khususnya yang berada di bawah FIB memperoleh akreditasi maksimal” Ujar Yundi.

Prodi Arkeologi merupakan prodi baru yang berdiri di bawah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) pada tahun 2014. Terhitung sejak tahun 2015 hingga tahun 2017, Prodi arkeologi Unja telah terlibat dalam kegiatan peneltian nasional sebanyak 12 kali penelitian.

Sedangkan penelitian berskala internasional terhitung sebanyak lima kali yakni EFEO Francis sebanyak dua kali, bersama Museum Sejarah Nasional Francis dua kali, dan sekali dengan Tokai University, Jepang.

Prodi Arkeologi Unja telah menjalin kerjasama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya se-Sumatera, juga dengan Balai Arkeologi se-Sumatera, serta menjalin kerjasama dengan Departemen Arkeologi Universitas Gadjah Mada.

Selain Unja, perguruan tinggi negeri lainnya yang memiliki prodi arkeologi adalah Universitas Indonesia, Universitas Hasanudin, Universitas Padjadjaran dan Universitas Udayana.

IRWAN

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com