FKIK GELAR YUDISIUM DAN PELANTIKAN DOKTER DAN SARJANA

DEKAN: JANGAN RAGUKAN KUALITAS KEDOKTERAN UNJA

FormatFactoryHMS_8992

Telanaipura-Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) mengambil sumpah dokter yang ke-21 Yudisium dan Pelantikan Sarjana Kedokteran ke-32, Yudisium dan Pelantikan Sarjana Keperawatan ke-18 serta Yudisium dan Pelantikan Sarjana Psikologi ke-3. Pada kesempatan ini, Rektor yang diwakilkan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Ir. Abdul Aziz, M.Si mengatakan dalam sambutannya bahwa saat ini FKIK sudah memiliki akreditasi B, “Alhamdulillah, beberapa bulan yang lalu, FKIK sudah mendapatkan Akreditasi B, dan kita sudah sejajar dengan Fakultas kedokteran lain di universitas yang ada di Indonesia, untuk itu jangan malu untuk menyandang status dokternya dari mana, dan perolehan akreditasi B ini adalah menjadi kebanggan kita bersama,” ujar Prof. Aziz.

Selain itu Prof. Aziz mengatakan pelantikan sumpah yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran harus dijalankan sampai akhir kehidupan.

“Sumpah ini mengikat sepanjang hayat, dalam arti sumpah itu mengikat sepanjang kita masih hidup, berbeda dengan pengambilan sumpah jabatan, kalau sumpah jabatan hanya dilaksanakan ketika kita memegang jabatan tetapi kalau sumpah dokter sepanjang umur masih menempel di tubuh apa yang diucapkan tadi harus dijalanani,” tambah Prof. Aziz.

FormatFactoryHMS_8983

Prof. Aziz juga mengatakan bahwa saat ini semua bisa dikerjakan dengan mesin namun hanya profesi dokter, nurse, psikologi yang tidak bisa digantikan oleh mesin.

“Dokter dan perawat tidak bisa digantikan dengan mesin. Untuk itu saya berpesan kepada sarjana kedokteran, perawat dan psikologi yang dilantik dan diambil sumpahnya hari ini untuk dapat memberikan yang terbaik kepada masyrakat dengan memberi pelayanan yang baik,” ujar Prof. Aziz.

FormatFactoryHMS_8921

Sementara itu Dekan FKIK, Dr. dr. Herlambang, Sp.OG.,KFM memberikan ucapan selamat atas dilantiknya dan diambil sumpah dokter kepada Dokter, perawat dan psikologi.

“perjuangan tidak sampai di sini, masih ada jenjang selanjutnya yang harus kalian tempuh, bagi dokter bisa melanjutkan ke rotasi klinik karena ini prestasi luar biasa dan kita tidak perlu meragukan kualitas kedokteran Unja, karena pendidik memberikan pengetahuan langsung bukan hanya sekedar mendampingi,” Jelasnya.

Dr. Herlambang juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para orang tua yang mempercayakan jenjang pendidikan anaknya di FKIK.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua/wali karena sudah mempercayakan kepada Universitas Jambi untuk dititipkan putra-putrinya untuk di didik menjadi dokter, perawat dan psikolog,” tutup Herlambang.

Adapun yudisium dan sumpah dokter dilaksanakan di Aula Rektorrat Lantai III Unja Mendalo ini meluluskan tenaga Dokter sebanyak 74 orang terdiri dari Dokter sebanyak 59 orang, Sarjana Kedokteran sebanyak 2 orang, sarjana keperawatan 7 orang dan sarjana psikologi sebanyak 6 orang.

SILVIA YULIANSARI
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com