FAKULTAS TEKNIK RAIH JUARA 2 DI AJANG ELEKTRONICS DESIGN CONTEST INDONESIA 2018

Mendalo– Mahasiswa fakultas Teknik Universitas Jambi berhasil raih juara 2 di ajang Elektronics Design Contest Indonesia 2018 kategori Electronic design dan security yang berlangsung di ITB.

WhatsApp Image 2018-02-01 at 11.23.53

Tim ROBOUMI Unja sudah melewati tahap demi tahap, seleksi pertama tahap seleksi proposal projek, tahap kedua adalah tahap seleksi report paper, dan tahap terakhir yaitu babak final. Ketiga anggota tim berasal dari prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Jambi yaitu Dini Khusnul Yaqin, Cahaya Lidya Aritonang, dan Alfian Syah .

“Alhamdulillah bisa mendapatkan juara 2, kami menamai produk kami Perancangan sistem Enkripsi Data Serial Menggunakan Extended Tiny Encription Algorithm (XTEA) berbasis FPGA”. Ujar Dini.

WhatsApp Image 2018-02-01 at 11.31.53 Adapun perolehan poin yang didapat pada gelaran tersebut yaitu ITB dengan poin 166, Universitas Jambi dengan poin 163, UNIKOM dengan poin 137, Universitas Telkom dengan poin 122, dan Universitas Kristen Satya Wacana dengan poin 117.

Dini juga mengatakan ada Lima tim yang masuk ke babak final dan dari lima universitas berbeda, tim pertama dari Universitas Kristen Satya Wacana, kedua Institut Teknologi Bandung, ketiga Universitas Telkom, keempat Universitas Jambi, dan kelima Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM).

Pada babak final ada dua sesi yang dilakukan, pertama sesi presentasi. Pada sesi presentasi setiap tim diberikan waktu 20 menit, 15 menit presentasi dan 5 menit menjawab pertanyaan. Yang mempresentasikan alat yang dibuat oleh Tim ROBOUMI adalah Cahaya Lidya Aritonang. Babak kedua adalah babak demonstrasi alat, dimana setiap tim memiliki stand masing-masing untuk mendemontrasikan alatnya, demonstrasi alat dilakukan oleh Alfian Syah dan Dini Khusnul Yaqin. Alat yang dibuat oleh Tim ROBOUMI adalah sebuah kontroler game untuk game VR “Ironman Simulator”.

Dini juga mengucapkan terima kasih kepada Universitas dan Fakultas karena sudah memberikan dukungan penuh terhadap ia bersama timnya.

WhatsApp Image 2018-02-01 at 11.23.53

“Saya dan kawan-kawan mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Rektor, Dekan, Dosen Pembimbing kepada kami untuk bisa ikut contest ini,” tutup Dini

SILVIA YULIANSARI
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com