SAWIT GOES TO CAMPUS 2018

Mendalo,-Universitas Jambi bekerjasama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar Sawit Goes to Campus sebagai bagian dari upaya meningkatkan pemahaman tentang industri kelapa sawit dan isu-isu yang berkembang sekaligus mengadakan kegiatan sosialisasi lomba riset sawit tingkat mahasiswa. Kegiatan sosialisasi ini diadakan di Aula Rektorat, Lantai lll Kampus Unja Mendalo (19/04).

Prof. Dr. Ir. Zulkifli Alamsyah, M.Sc., dalam sambutannya mengatakan bahwa Jambi merupakan salah satu provinsi penghasil sawit termasuk 5 besar skala nasional, jadi kontribusi sawit untuk perekonomian rakyat daerah kita sangat besar apalagi hampir 70% perkebunan sawit di provinsi Jambi adalah milik perkebunan rakyat.

Secara nasional perkebunan perkelapa sawitan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan kemasyarakatan. Maka dari itu, Ia berharap kedepannya Universitas Jambi akan memiliki Pusat Kajian Perkelapa Sawitan. Di fakultas Pertanian sudah terbentuk kecintaan dosen dan mahasiswa terhadap kelapa sawit yaitu dengan adanya Forum Peneliti Pencinta Sawit.

“semoga dikemudian hari kita segera memiliki pusat kajian perkelapa sawitan yang berskala nasional” Ujar Zulkifli. Zulkifli juga menambahkan bahwa perkembangan pasar sawit di internasional tidak dapat dilawan oleh minyak-minyak nabati lainnya sehingga menjadi ancaman bagi negara-negara produsen minyak nabati lainnya terutama; minyak kedelai, minyak bunga matahari, dan minyak rapeseed atau biasa disebut minyak lobak.

“Pasar sawit itu sangat menjanjikan bagi kita, sehingga menjadi ancaman bagi negara-negara produsen minyak nabati lainnya,”ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Perencanaan dan pengelolaan dan Perkebunan Kelapa Sawit Kementerian Keuangan Agustinus Antonius mengatakan bahwa sawit itu telah menyumbangkan atau memberikan kontribusi ke PDB sebesar 13% dari total ekspor mengalahkan ataupun melewati dari minyak bumi.

Maka dari pada itu BPDPKS menginginkan dan mendorong perguruan tinggi untuk melakukan riset tentang sosial ekonomi, tentang pemasaran, dan harga mengenai sawit yang dikembangkan oleh para mahasiswa juga melakukan analisa seberapa kompetitifnya sawit itu dengan minyak nabati lainnya, sehingga hasil dari pada riset tersebut dapat memberikan penjelasan secara ilmiah yang jelas mengenai pengaruh sawit terhadap terhadap perekonomian dan sosial masyarakat.

“BPDPKS sangat konsen dengan penelitian dan riset yang akan dilakukan adil-adik mahasiswa semua,” tutup Agustinus.

IRWAN
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com