Ekstrakurikuler


MAPALA SIGINJAI UNJA berdiri sejak 6 nivember 1991berdasarkan sk rector no. 175 tahun 1991. Merupakan sebuah unit kegiatan mahasiswa (UKM) dikampus unja  yang bergerak dalam kegiatan plahraga petualangan alam bebas dan pelestarian lingkungan, yang mempinyai ikatan tradisi kekeluarhaan yg erat sesame anggota. Mapala siginjai pernah meperoleh penghargaan terbaik konservasi  tingkat basional peringkat 1 dan 2.

Merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa UNJA yang bergerak dibidang kepalangmerahan yang selras dengan tri dharma pergirian tinggi serta menjunjung tinggi tujuhprinsip gerakan palang merah dan bulan sabit merah. UKM KSR PMI UNJA berdiri pada tanggal 3 nivember 2000 dan telah berganti beberapa kalo pengurus.

UKM psm unja adalah iragabisasi internal kampus yang bergerak dalam bidang seni, khususnya sweni suara. PSM unja dibentuk pada tahun  an dan sering mengikuti acara acara intern dikampus seperti wisuda dan diundang untuk mengikuti acara- acara seminar yang dilaksnakan oleh universaitas maupun BRM. Ukm ini juga mempeinyai prestasi baik dikancah nasional dan daerah.

Cara Bergabung

Bagi mahasiswa yang ingin bergabung di UKM Tari Universitas Jambi, bisa langsung datang ke sekretariat UKM Tari untuk mengisi formulir pendaftaran atau mendaftar lewat akun instragam UKM Tari di @ukmtari_unja.

Kegiatan yang dilakukan

  1. Latihan rutin setiap hari minggu.
  2. Mengisi acara setiap event yang dibuat kampus Universitas Jambi
  3. Mengikuti perlombaan setiap ada event-event tertentu.

Ukm ini termasuk ukm termuda yang ada di UNJA. Km ini didirikan bertujuan untuk mengasah minat dan kemampuan mahasiswa dalam komunikasi bahasa inggris. Dengan adanya ukm ini mahasiswa unja banyak terlatih terutama untuk jang debat mahasisw dan pidato bahasa inggris.

UKM Rohis merupakan salah satu wadah yang bersifat operatif dalam menyalurkan minat dan kegemaran mahasiswa di UNJA khususnya yang beragama islam. Mahasiswa Muslim sebagai bagian terbesar dari masyarakat kampus dituntut untuk lebih banyak berperan dalam proses perubahan dari kondisi yang stagnan menuju kehidupan kampus yang dinamis, relijius dan professional . UKM Rohis berusaha secara optimal melakukan upaya pembinaan keislaman mahasiswa Islam yang meiliki integritas keislaman tinggi, dengan didukung kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang handal sekaligus mencintai ilmunya ( prestasi akademik yang baik ).

Sebagai wadah, yang merupakan sarana pengembangan diri mahasiswa kearah perluasan wawasan dan peningkatan keikutsertaan dalam upaya bela Negara yang disusun, diorganisasikan dan dibentuk secata kewilayahan pada setiap privinsi daerah tingkat 1. Dan sebagai satuan resimen mahasiswa di perguruan tinggi.

Musik adalah komponen yangb tidak dapat diabaikan dalam unsur kehidupan. Musik suatu kebutuhan yang hakiki  bagi sertiap insan manusia. Karena sadar akan kebutuhan itu maka tahun 1995 terbentuklah Ukm Musik yang digawangi beberapa senior yang peduli seni fdan music. Salah satu proer internal adalah pelatihan music yang dilakukan setiap seminggu sekali. Gal inidilakukan tidk lain untuk meniungkatkan potensi dan kemampuan yang dimiliki ileh pata angota.

Kegiatan ini bergerak dibidang pengemabangn politik dikalangan mahasiswa untuk wilayah kampus. Agenda diadakan utuk memeilih wakil wakil mahasiswa yang akan duduk dikursi eksekuti maupun majelis aspirasi mahasiswa.

UKM Riset & Penalaran EXIST (Excellent Intelectual and ssmart student) UNJA yang identik dengan nafas akademis hiharapkan mampu menciptakan generasi mahasiswa yang memiliki nilai kompeten, profesional, dan kontributif. EXIST adalah suatu UKM yang bergerak di bidang riset/penelitian dan penalaran. UKM ini merupakan UKM muda karena tahun 2009 berdiri menjadi UKM

Badan eksekutif mahasiswa (disingkat BEM) adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat universitas atau institut. Dalam melaksanakan program-programnya, umumnya BEM memiliki beberapa departemen. Organisasi mahasiswa intra kampus selain BEM, adalah senat mahasiswa, unit kegiatan mahasiswa, dan himpunan mahasiswa jurusan. Ada atau tidaknya masing-masing, bergantung pada perkembangan dinamika mahasiswa di setiap kampus.

Lembaga tertinggi organisasi kemahasiswaan yang berfungsi sebagai forum perwakilan  mahasiswa di tingkat universitas, untuk menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa di lingkungan universitas.

MAM mempunyai tugas pokok :

  • memberikan pendapat, usul dan saran kepada pimpinan universitas terutama yang berkaitan dengan fungsi dan pencapaian tujuan pendidikan;
  • merencanakan dan menetapkan garis-garis besar program kegiatan kemahasiswaan di tingkat universitas;
  • menyelenggarakan pemilihan umum;
  • mengesahkan dan melantik Ketua BEM dan Ketua UKM;
  • mengawasi pelaksanaan program dan ketetapan MPM oleh BEM;

dan meminta pertanggungjawaban Ketua BEM dan Ketua UKM pada akhir masa jabatannya.

Merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa UNJA yang bergerak dibidang kepalangmerahan yang selras dengan tri dharma pergirian tinggi serta menjunjung tinggi tujuhprinsip gerakan palang merah dan bulan sabit merah. UKM KSR PMI UNJA berdiri pada tanggal 3 nivember 2000 dan telah berganti beberapa kalo pengurus.

Cinema, Go Action!!!” itu lah slogan sekaligus trademark dari UKM Cinema. UKM yang berdiri sejak 18 juni 2008 ini memang menyediakan wadah khusus untuk kamu-kamu yang punya bakat dan minat di bidang cinematografi. Di UKM Cinema ada banyak macam divisi yang bisa kamu pilih. Ada divisi fotografi, videografi, talent,public speaking, announcer, editing foto dan video, design grafis dan kewirausahaan. Di UKM cinema akan banyak hal yang diajarkan khususnya dalam dunia entertaint. Mengapa ada divisi kewirausahaan? Firman (hukum’09) ketua UKM CINEMATOGRAFI mengatakan, bahwa hobi yang bergelut di bidang sinematografi bisa menghasilkan. Untuk itu, ada divisi kewirausahaan yang membantu menyalurkan bakat kamu untuk dijadikan sebagai penghasilan juga.

UKM Pramuka Merupakan sebuah organisasi kepemudaan dan kepanduan bagi mahasiswa unja yang memiliki minat dalam kepramukaan.AGENDA YANG SERING DIADAKAN BERUPA KEMORI.perekrutan angita baru racana unja dan menjalankan dasadharma dan trisatya pramuka.

Ukm ini termasuk ukm termuda yang ada di UNJA. Km ini didirikan bertujuan untuk mengasah minat dan kemampuan mahasiswa dalam komunikasi bahasa inggris. Dengan adanya ukm ini mahasiswa unja banyak terlatih terutama untuk jang debat mahasisw dan pidato bahasa inggris.

Ukm ini bergerak dipengembangan minat mahasiswa dibidang sastra. Ukm ini sudah berhasil membina dan mencetak sasrrawan dari kampun UNJA.

Unit kegiatan yang bergerak membidangi pengembangan kreativitas mahasiswa di lima fakultas yaitu FKIP, FE, FH, FAPERTA dan FAPET.

Ukm ini didirikan dengan adanya perkumpulan mahasiswa yang  berminat pada pengemabangan tilawtil quran. Dengan adanya ukm in I mahasiswa unja dapat melakukan persipan untuk lomba mtq  lebih matang. Selain itu regenerasi dari peberus limba lebih terarah.

UKM GO GREEN merupakan salah satu UKM yang baru, tepatnya pada tanggal 4 April 2012. Yang ikut mendirikan UKM ini ialah Dr. Wawaha dari fakultas pendidikan ada juga dari Kehutanan langsung yaitu Ir. Hamzah. Pemimpin tertinggi dari UKM ini disebut Direktur yaitu Rono dan Sekjen dari UKM ini adalah Ridho Iskandar yang keduanya merupakan mahasiswa dari prodi pertanian.

Minat jadi pengusaha? Khususnya entreprenur? Tapi bingung mulai darimana dan gimana menyalurkan bakat berwirausaha dari diri kamu? Kamu bisa bergabung bersama UKM Entrepreneur Mahasiswa atau biasa disebut UKM EM. UKM ini memang masih sangat belia karena baru terbentuk pada tanggal 07 mei 2012 lalu. UKM ini tercetus dari mahasiswa Unja (Ali Al Ayubi, dkk) yang peduli akan banyaknya angka pengangguran serta kurangnya animo mahasiswa Unja untuk berwirausaha. Selain itu, menurut Ali selaku ketua UKM EM selain itu hal yang mendasari UKM EM berdiri adalah ingin menjadi sebuah wadah yang mampu memberikan manfaat kepada mahasiswa yang berwirausaha maupun mengembangkan usahanya yang telah ada, tempat share sesama mahasiswa dalam berwirausaha.

UKM ini masih terbilang baru karena baru saja dibentuk pada Mei 2012 lalu. Nazri, fkip fisika 2009 adalah mahasiswa pencetus terbentuknya UKM Robotik di kampus UNJA. Karena menurut Nazri di Unja belum ada fakultas teknik jadi tidak ada wadah bagi mahasiswa Unja untuk menyalurkan bakatnya dibidang pembuatan robot. Biasanya diadakan pertemuan untuk saling sharing ide antara sesama anggota ataupun langusng dilatih oleh dosen fisika di UNJA. UKM ini tetap menghasilkan karya berupa robot-robot sederhana yang sudah dapat dipamerkan. UKM yang diketuai oleh Rohmanto (Fkip Fisika) ini mempunyai visi untuk mengkaitkan semua media pembelajaran melalui teknologi, misalnya saja ide untuk menciptakan robot atau sebuah program yang dapat membantu proses belajar seorang tuna netra. Selain itu, tentu saja UKM ROBOTIK bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa Unja yang mempunyai bakat dan minat di bidang Robotik.

Merupakan komisi pemilihan umum yang dibentuk untuk melaksanakan agenda pemilu raya mahasiswa yang diadakan setaip tahunnya.