KEBIJAKAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL
FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS JAMBI

KATA PENGANTAR

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menegaskan bahwa penjaminan mutu merupakan hal yang wajib dalam sebuah Perguruan Tinggi dan setiap Perguruan Tinggi diberi kebebasan untuk menentukan sendiri standar mutunya serta mekanisme pemenuhan standar tersebut. Sejak ditetapkannya Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005, Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi tidak lagi hanya terfokus pada bidang akademik, tetapi juga meliputi bidang non akademik. Dengan demikian "Sistem Penjaminan Mutu Akademik (SPMA)" telah berubah menjadi Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI-PT). Didasarkan pada peraturan yang berlaku, maka pada tahun 2011 implementasi Sistem Penjaminan Mutu Akademik (SPMA) di Fakultas Peternakan mulai dikembangkan menjadi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Fakultas Peternakan.

Pengimplementasian SPMI di Fakultas Peternakan mengikuti siklus peningkatan mutu berkelanjutan (kaizen), dimulai dengan penetapan standar yang ingin dicapai, dilanjutkan dengan pelaksanaan untuk mencapai standar, kemudian dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan tersebut. Tahap selanjutnya adalah dilakukan audit mutu internal untuk melihat kepatuhan seluruh unsur mulai dari pimpinan, pendidik, pegawai dan mahasiswa terhadap standar yang telah ditetapkan. Hasil yang diperoleh dari berbagai tahapan ini ditambah dengan masukan dari stakeholders, selanjutnya digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan peningkatan mutu pada siklus berikutnya.

Terlaksananya sistem penjaminan mutu internal sangat ditentukan oleh komitmen dari seluruh unsur, mulai dari pimpinan, pendidik dan pegawai, termasuk orang-orang yang terlibat di dalam organisasi penjaminan mutu itu sendiri. Oleh karena itu, dengan mengacu kapada buku SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL PERGURUAN TINGGI yang disusun oleh Tim Pengembang SPMI-PT Direktorat Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi 2010, maka buku kebijakan SPMI Fakultas Peternakan tahun 2011 ini dibuat untuk dapat digunakan sebagai landasan dalam membangun SPMI pada setiap unit terkait di lingkungan Fakultas peternakan Universitas Jambi.

©2014 FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS JAMBI.
By: Joomla Free Templates