Prodi Pendidikan Dokter

Print
Created on Sunday, 12 May 2013 Written by Super User

 

Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambi ini adalah bagian dari Universitas Jambi, dilingkungan yang dipimpin oleh Ketua Program Studi, berada dibawah pembinaan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya dan bertanggung jawab kepada Rektor Universitas Jambi.

Berdirinya Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambi berdasarkan landasan Hukum Operasional :

a.    SK Gubernur Provinsi Jambi No. 265 tahun 2005 tentang Pembentukan Tim Penyusun Rencana Pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Jambi.

b.    SK Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya No. 224/PT11.5/G.3/2004 tanggal 15 Januari 2004, tentang Kesediaan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Menjadi Pembina Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambi.

c.    SK Dirjen Dikti No. 1369/D/T/2005 tanggal 10 Mei 2005, tentang Izin Operasional Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambi.

d.    SK Dirjen Dikti No. 1416/D/T/ 2007 tanggal tanggal 8 Juni 2007 tentang Perpanjangan ijin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Jambi.

e.    Piagam Kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jambi, Universitas Jambi dan Universitas Sriwijaya yang ditandatangani di Jakarta tanggal 13 Maret 2006 tentang Kerjasama dalam Ilmu Pengetahuan, Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Rangka Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambi.

f.     Surat Keputusan Bersama antara Rektor Universitas Sriwijaya dan Rektor Universitas Jambi tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Operasional Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambi.

g.    Nota Kesepakatan (Memorandum Of Agreement) Kerja Sama Antara Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Jambi dengan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya nomor 560/J21/PP/2007 Nomor 3573/H9.1.4/G.1/TU/2007 tanggal 9 Agustus 2007 tentang Pembinaan Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Jambi.

h.    Perjanjian Kerja Sama Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Provinsi Jambi dengan Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Jambi nomor 294/H21.17/D.T/2009, Nomor 445/0016.A/UP/RSUD tentang Pendidikan,Pelayanan dan Penelitian.

 

B. Tujuan

            Laporan ini disusun untuk memberikan gambaran pelaksanaan kegiatan Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambi, dan berisi gambaran mengenai pelaksanaan pengelolaan dan proses kegiatan Akademik Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambiselama Tahun 2010-2011.

Sesuai dengan Ketentuan Umum Penjelasan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, maka Universitas Jambi telah menetapkan Visi sebagai berikut: “Menjadi Pusat Unggulan dan Perguruan Tinggi Bermutu pada Tahun 2025”. Sejalan dengan Visi Universitas, maka Program Studi Pendidikan Dokter menetapkan visinya sebagai berikut:

 

 
 

“Pada tahun 2025 menghasilkan lulusan dokter yang berkualitas, kompetitif, mandiri serta bertanggung jawab”

 

 

Dalam rangka merealisasikan Visi sebagaimana dikemukakan di atas, misi Universitas Jambi adalah “memajukan, meningkatkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni melalui pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta mengembangkan dan menyediakan jasa layanan budaya, profesi, teknis dan kejuruan kepada masyarakat dengan standar universitas yang dinamis dan modern”. Sejalan dengan itu, Program Studi Pendidikan Dokter menetapkan pula misinya sebagai berikut:

 

 

1.       Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang berorientasi pada pendidikan kedokteran nasional dan global sesuai dengan perkembangan iptekdok.

2.       Melaksanakan Pengembangan Penelitian, Penyerapan dan Penerapan Iptekdok dalam Menunjang Pembangunan Daerah dan Nasional.

3.       Menghimpun, Mendayagunakan dan Menyebarluaskan Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

4.       Menghasilkan Sumber Daya manusia dalam Bidang Kedokteran yang Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang Secara Mandiri atau Bersama-sama dapat Mengembangkan dan Menerapkan Iptekdok Sesuai Tuntutan Pelayanan Kesehatan dalam Masyarakat dan Pembangunan Daerah dan Nasional.

 

 

          Untuk menjawab tantangan tersebut Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambimemiliki kurikulum yang terus direvisi, dan dapat dilihat pada BAB IV, dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang sesuai dengan KIPDI II dan terus dikembangkan dengan pembinaan dan monitoring oleh Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya,dan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Program Studi Pendidikan Dokter Strata 1 (S1) Universitas Jambi. Disamping itu selalu diupayakan kelengkapan sarana dan prasarana perkuliahan, praktikum  dan fasilitas pendukung lainnya.

Dalam sistem pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambisudah mengikuti program SNMPTN dan UMByang dilaksanakan oleh Universitas Jambi akan tetapi untuk jalur Mandiri Program Studi Pendidikan Dokter melaksanakan tersendiri dan untuk Soal panitia membuat soal sendiri yang sesuai dengan Standard bank soal.

     Dalam rangka peningkatan kualitas mahasiswa baik yang berasal dari Jalur SNMPTN, UMB dan Mandiri, maka pada awal kegiatan sebelum memasuki Perkuliahan terlebih dahulu diwajibkan mengikuti program–program dan perkuliahan umum yang disampaikan oleh Rektor, Para Pengelola.

     Kegiatan kemahasiswaan dan sosialisasi program terus dilakukan bersamaan dengan program Kemahasiswaan Universitas Jambi, dengan harapan Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambi bisa berjalan dengan baik dan terus berkembang serta lulusannya dapat berguna sebagai pengabdi masyarakat, maka Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambi telah mempunyai berbagai unsur penunjang diantaranya :

(c)2013. FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN Jl. Letjen Soeprapto No. 33 Telanai Pura Jambi Telp/fax 0741 60246 web: fkik.unja.ac.id Email: fk@unja.ac.id
By: Joomla Free Templates