Fanpage FKIP

SFbBox by Supremo Hosting

Coming Event

Kurikulum 2013
18 August 2013

Komponen RPP

Written by Super User
Hits: 554

KOMPONEN PENYUSUN RPP

RPP disusun untuk setiap Kompetensi yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.

Komponen RPP adalah:

Read more: Komponen RPP

Kurikulum 2013
17 August 2013

Contoh RPP SD menurut kurikulum 2013

Written by Super User
Hits: 67890

Contoh RPP Kelas I Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan pendidikan          :  SEKOLAH DASAR

Kelas / semester              :  1 / 2

Tema / topik                      :  Lingkungan bersih dan sehat

Petemuan ke                     :  1

Semester                            :  2   (dua)

Alokasi waktu                   :  1 Hari

 

 

A.      KOMPETENSI INTI

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.      KOMPETENSI DASAR

 AGAMA

  1. Berdoa sebelum dan sesudah belajar, sebagai bentuk pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah 
  2. Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci

 

 PPKn

  1. Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
  3. Mengenal tata tertib dan aturan yang  berlku dalm kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
  4. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah

 

   BAHASA INDONESIA

  1. Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
  2. Menunjukkan perilaku pola hidup sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan istirahat yang cukup) dan menyayangi makhluk hidup
  3. Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfatan bahasa indonesia dan atau Bahasa Daerah
  4. Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui  pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daera
  5. Memahami isi cerita melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang lain  dengan penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan
  6. Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

 

     MATEMATIKA

  1. Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
  2. Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan tanda-tanda saat jam belajar dan jam istirahat
  3. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada  di sekitar   ruah, sekolah, atau tempat bermain.
  4. Membentuk berbagai bangun ruang dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya

 

     PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN

  1. Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas.

 

     SENI, BUDAYA, DAN PRAKARYA

  1. Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan
  2. Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
  3. Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
  4. Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis

C.      INDIKATOR

 AGAMA

  1. Mengulang bacaan do’a sebelum belajar
  2. Mengulang bacaan do’a sesudah belajar
  3. Menyatakan dalam sikap berdo’a sebelum belajar
  4. Menunjukkan perilaku patuh kepada orang tua

 

 PPKn

  1. Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
  2. Memberikan contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah.
  3. Memberikan contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
  4. Melaksanakan tata tertib di sekolah

 

 

BAHASA INDONESIA

  1. Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
  2. Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
  3. Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri  
  4. Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
  5. Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
  6. Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
  7. Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
  8. Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
  9. Menyebutkan nama-nama tempat dalam cerita
  10. Menyebutkan urutan peristiwa
  11. Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
  12. Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
  13. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
  14. Berposisi duduk secara benar
  15. Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
  16. Memegang teks bacaan dengan tepat

 

MATEMATIKA

  1. Menata  dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
  2. Memilih jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
  3. Menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar

 

PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN

  1. Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama

 

SENI BUDAYA, DAN PRAKARYA

  1. Memiliki kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
  2. Menjelaskan keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
  3. Memperhatikan lingkungan sekitar secara seksama
  4. Merawat lingkungan sekitar secara sadar
  5. Menunjukkan kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
  6. Mengenal judul lagu dan iringannya

 

D.      TUJUAN

  1. Berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
  2. Berperilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
  3. Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
  4. Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
  5. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
  6. Menata  dengan rapi benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
  7. Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama
  8. Menjelaskan keindahan-keindahan alam tentang kebersihan lingkungan  sebagai anugerah Tuhan
Kurikulum 2013
17 August 2013

Langkah Penyusuan RPP

Written by Super User
Hits: 1467

LANGKAH PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013

LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN RPP

Langkah-langkah minimal dari penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dimulai dari  mencantumkan Identitas RPP, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian.  Setiap komponen mempunyai arah pengembangan masing-masing, namun semua merupakan suatu kesatuan. 

Read more: Langkah Penyusuan RPP

Kurikulum 2013
17 August 2013

RPP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Written by Super User
Hits: 2573

 RPP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN, Berlandaskan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional, berkewajiban menetapkan berbagai peraturan tentang standar penyelenggaraan pendidikan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Read more: RPP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Kurikulum 2013
17 August 2013

Prinsip Penyusunan RPP

Written by Super User
Hits: 964

PRINSIP PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013 PRINSIP-PRINSIP PENYUSUNAN RPP

1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.

2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, krea­tivitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.

Read more: Prinsip Penyusunan RPP

icets header

LOGOUNJA KECIL

LOGODIKTI kecil

FKIP ACTUAL

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (ACTUAL)

Alamat: Kampus Pinang Masak Jl. Raya Jambi-Ma.Bulian KM 15 Mendalo Darat Jambi Kode Pos. 36361

Telp/Faks: 0741-583453

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.