Profil

Depan
Fakultas
Pascasarjana
UPT. Komputer
Perpustakaan
Pusat Layanan Jaringan
Lembaga Penelitian
LPM

Depan arrow Fakultas arrow Hukum
FAKULTAS HUKUM
      
 

 Program Studi yang ditawarkan

REGULER

S1    ILMU HUKUM

NON REGULER
S1    ILMU HUKUM

VISI, MISI dan TUJUAN

VISI
Pada tahun 2006 Fakultas Hukum menjadi Fakultas utama di tingkat local dan sejajar dengan perguruan tinggi terdepan lainnya dalam menyelenggarakan tridharma untuk menghasilkan sarjana hukum yang bermoral Pancasila dengan penghayatan iman dan taqwa professional dibidangnya dengan orientasi kepada Hukum Ekonomi untuk mendukung pembangunan Nasional memajukan kehidupan masyarakat serta budaya bangsa.

MISI
Menyelenggarakan pendidikan dengan sumber daya manusia yang berkualitas dalam suasana akademik yang sehat, dan sebagai pusat kajian hukum yang mendukung pembangunan daerah dan nasional dengan mengoptimalkan sumber daya yang tersedia yang dapat mendorong tercapainya visi Fakultas.

TUJUAN.
Tujuan Institusional.
Menghasilkan sarjana hukum yang berjiwa Pancasila, berkepribadian, mengenal etika Sarjana bersifat terbuka, dapat menghargai pandangan orang lain, memahami dasar-dasar ilmu pengetahuan, menghayati permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dan dapat berdiri sendiri dalam memelihara, memajukan ilmu pengetahuan.
Menghasilkan sarjana hukum yang cakap dan terampil untuk memangku jabatan yang memerlukan pendidikan tinggi, baik lingkungan swasta maupun lembaga pemerintah yang mampu berfikir logis dan kritis dalam membahas masalah maupun dalam penyampaian pendapat secara lisan atau tulisan.

Tujuan Kurikulum
Tujuan pendidikan tinggi program sarjana bidang ilmu hukum adalah menyiapkan peserta didik atau mahasiswa menjadi sarjana hukum yang :

a.

Menguasai hukum Indonesia.

b.

Menguasai dasar-dasar ilmiah dan dasar kemahiran kerja untuk mengembangkan ilmu hukum dan hukum.

c.

Mengenal dan peka akan masalah-masalah keadilan dan masalah-masalah kemasyarakatan.

d.

Mampu menganalisa masalah-masalah hukum dalam masyarakat.

e.

Mampu menggunakan hukum sebagai sarana untuk memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan dengan bijaksana dan tetap berdasarkan prinsip-prinsip hukum.