Pimpinan Universitas


Prof. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph. D

rektor universitas jambi

Memiliki motto “laa hawla wa laa quwwata illa billah”  menjadikan sosok Prof. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D. orang yang rendah hati. Menurutnya,  semua yang dilakukannya semata-mata karena pertolongan dan izin Allah SWT.

Dengan keyakinan tersebut dalam visinya pada tahun 2020 ingin menjadikan Universitas Jambi menjadi A World Class Entrepreneurship University. Sangat menarik untuk menyimak perjalanan karir Rektor Unja kelima ini, berikut profil Prof. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D. Sebagai Guru Besar Perbandingan Hukum (Comparative Law) Fakultas Hukum Universitas Jambi Prof. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D. lahir di Tabing- Padang, Sumatera Barat pada 28 Februari 1962.

Pendidikannya mulai SD, SMP dan SMA ditamatkan di daerah kelahirannya Kota Padang. Sedangkan untuk pendidikan Sarjana Hukum diselesaikannya pada Fakultas Hukum Universitas Jambi dan Magister Hukum pada Program Pascasarjana Universitas Indonesia Jakarta serta Doktor (Ph.D.) di bidang Perbandingan Hukum (Comparative Law) diselesaikannya pada Universiti Kebangsaan Malaysia.


Prof. Dr. Ir. H. RA MUTHALIB, M.S.

Wakil Rektor bidang Akademik

Prof. Dr. Ir. H. RA. Muthalib, M.S. dilahirkan di Jambi pada 31 Oktober 1959. Pendidikan beliau dimulai tahun 1972 di Sekolah Dasar (SD) Negeri I Kota Jambi. Kemudian dilanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kota Jambi, selesai tamat SMP ia pun melanjutkan pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 juga di Kota Jambi pada jurusan Paspal hingga tamat 1978.

Pendidikan sarjana ditempuhnya pada Jurusan Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Jambi dan tamat tahun 1984. Dua tahun kemudian tepatnya pada 1986 ia diterima menjadi dosen. Pada jurusan yang sama pula yaitu jurusan produksi ternak ia melanjutkan pendidikan S2 di Institut Pertanian Bandung (IPB) hingga lulus pada 1992.

Kemudian tahun 2001 melanjutkan pendidikan S3 nya di Universitas Padjajaran (UNPAD)  dan lulus 2001.


DR. SAHURI L, SH.,M.HUM.

Wakil Rektor bidang Administrasi Umum

Dr. Sahuri Lasmadi, S.H., M.Hum lahir dan dibesarkan di Kota Jambi. Tepat pada bulan suci Ramadhan pada 17 Juni 1963 ia dilahirkan.

Pendidikan sekolah dasar menjadi awal perjalanan karirnya. Setelah menamatkan sekolah dasar ia melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Kota Jambi dan kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Jambi.

Setelah tamat  SMA, ia pun meneruskan pendidikannya ke Fakultas Hukum  Universitas Jambi dan tercatat sebagai mahasiswa pada tahun 1982 hingga selesai pada 1987. Kemudian melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas Erlangga dan selesai tahun 1996. Pada universitas yang sama pula ia melanjutkan pendidikan S3 dan lulus pada 2003.


Prof. Dr. Ir. Abdul Azis, M.Si.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan

Pria kelahiran Kuala Tungkal tanggal 9 Maret 1960 mengawali pendidikannya dari  Sekolah Dasar  (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota kelahiranya yakni, di SD Negeri  5, Sekolah Menengah Pertama (SMP)  Negeri 1, dan SMA Negeri 1. Pada tahun 1982,  ia meneruskan cita-citanya ke Kota Jambi dan memilih Fakultas Peternakan. Setelah itu di tahun 1993 ia melanjutkan pendidikan S2 ke Institut Pertanian Bogor (IPB) dan dapat diselesaikannya tahun 1995.

Keinginan untuk melanjutkan pendidikan S3 baru dapat dilaksanakannya tahun 2008 di Universitas Andalas, hingga lulus tahun 2011 dan berhasil meraih prestasi sebagai lulusan terbaik.

Selama mengabdi di Universitas Jambi beberapa pekerjaan dan jabatan pernah di jalaninya antara lain sebagai ketua jurusan produksi ternak, sekretaris senat dan kepala laboratorium fakultas peternakan.


Prof. Dr. Ir. Zulkifli Alamsyah, M.Sc.

Wakil Rektor bidang Kerjasama, Komunikasi dan Informasi

Prof. Dr. Ir. Zulkifli Alamsyah, M.Sc lahir pada tanggal 9 Agustus 1956. Pendidikannya dimulai dari sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di tempat kelahirannya. Tahun 1973, ia pindah ke Jambi  dan melanjutkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Jambi.  Setelah tamat SMA, ia melanjutkan ke Fakultas Pertanian Universitas Jambi pada tahun 1976. Tahun 1986, ia diterima sebagai penerima beasiswa USAID dan melanjutkan pendidikan S2 di College of Agriculture University of Kentucky USA dalam bidang ilmu Agricultural Economics.

Sekembali dari Pendidikan S2 lalu diangkat sebagai Sekretaris Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian pada 1989-1990 dan pada 1990 diangkat sebagai Pembantu Dekan III Fakultas Pertanian untuk periode 1990-1994. Tahun berikutnya ia  melanjutkan pendidikan S3 di IPB Bogor.

Dalam perjalanan karirnya ia dipercaya menjadi Dekan selama dua periode yaitu pada periode 2004-2008 dan periode 2008-2012.