U.P. Laboratorium Dasar dan Terpadu Universitas Jambi


Ir. Saitul Fakhri, M.Sc., Ph.D.
Kepala UPT-LDT UNJA

 

Unit Pelayanan Teknis Laboratorium Dasar dan Terpadu (UPT-LDT) berdiri tahun 2014 berdasarkan Peraturan MENDIKBUD No. 19 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Jambi, tanggal 17 Maret 2014.

UPT-LDT merupakan unit pelaksana teknis dibidang layanan Laboratorium yang berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Rektor dan sehari-hari pembinaannya dilakukan oleh Wakil Rektor I. UPT-LDT mempunyai tugas melaksanakan layanan laboratorium untuk program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam melaksanakan tugas tersebut, UPT-LDT menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan rencana, program dan anggaran UPT
  2. Pelaksanaan layanan laboratorium untuk program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen dan mahasiswa.
  3. Pemeliharaan dan perawatan laboratorium.
  4. Pelaksanaan urusan tata usaha UPT.

Visi dan Misi

Visi

Terwujudnya layanan laboratorium yang profesional dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi

Misi

  1. Merumuskan kebijakan dan mengembangkan program UPT-LDT untuk layanan laboratorium uji
  2. Mengembangkan penyelenggaraan pelayanan yang berbasis pada sistem jaminan mutu ISO/IEC 17025:2017
  3. Menata kelembagaan dan ketenagaan UPT-LDT
  4. Mengembangkan standarisasi dan sertifikasi profesi tenaga pengelola laboratorium

Personalia

Tenaga pengelola UPT-LDT terdiri dari :

KepalaIr. Saitul Fakhri, M.Sc., Ph.D.
Petugas Tata Usaha dan KeuanganEndrianita, S.H.
Halijah
Poni Hasperi, S.E.
Kelompok Tenaga Fungsional/Analis
NoNamaKeahlian dan pengalaman
1Dwi Maya Azwir, S.T.Teknik Kimia, mampu menganalisis logam menggunakan AAS
2Wella Yosvita Sari, S.Pd.Teknisi laboratorium bidang biologi,
Mampu menganalisis halal tidaknya produk makanan menggunakan PCR
3Yuli Anna Tanjung, S.T.Teknik kimia, bom calorimeter, analisis lemak
4Agussalim, STPAnalisis mikrobiologi pangan
5Nollie Amanda Sari, AMd.Analis kimia
6Ahmad Bari Almaizir, AMd.Kimia industry

Fasilitas laboratorium

       UPT Laboratorium Dasar dan Terpadu didukung oleh instrumentasi dengan akurasi yang tinggi, antara lain gas chromatography (GC), real time PCR, HPLC, atomic absorption spectrophotometri (AAS), Spectrophotometer UV-Vis, Automotic Kjeldhal analyzer, near infrared spectrometer, FTIR, Freezedry, Autoclave, Laminar Air Flow dan video microscope.

Layanan laboratorium

       UPT-LDT memfokuskan aktivitasnya dalam kegiatan palayanan analisis sampel dan riset. UPT-LDT berupaya memberikan layanan dengan managemen terbaik dan hasil analisis yang akurat dengan instrumentasi yang terkalibrasi. Layanan jasa analisis mencakup dalam berbagai ruang termasuk bidang Farmasi, Kedokteran, Biokimia, Mikrobiologi, Lingkungan, Pertanian, Peternakan, Pangan dan Gizi. UPT-LDT dapat memberikan jasa mulai dari preparasi sampel (grinding, cutting, shieving dan freezedrying) hingga analisis diantaranya analisis proksimat (kadar air, abu, lemak, protein), analisis air (pH, kadar asam, salinitas, kekeruhan), analisis tanah (fospor, C-organik, tekstur, pH), analisis udara (ammonia), analisis bahan pangan (gula, pati, karbohidrat, vitamin C, pengawet dan pewarna sintetis) dan analisis mikrobiologi (angka lempeng total, total plate count bakteri, total bakteri asam laktat dan anti bakteri). Pada akhir tahun 2018 ini, kahalalan suatu produk makanan sudah dapat dilakukan pengujiannya di UPT-LDT.

       Penggunaan jasa analisis laboratorium UPT-LDT terutama berasal dari internal Universitas Jambi, yaitu dosen dan mahasiswa dan juga dari eksternal yang memiliki kerjasama dengan Unja. UPT-LDT juga memberikan kontribusi dalam membantu kelancaran riset mahasiswa (S1, S2 dan S3) dan dosen Universitas Jambi, terutama riset dalam bidang mikrobiologi,  tanah, farmasi, kedokteran, peternakan, kimia pangan dan gizi. Kontribusi ini terutama terkait riset–riset dosen yang diperoleh melalui Hibah–hibah penelitian tingkat Nasional maupun Internasional, seperti Hibah JSPS yang kerjasama risetnya dengan Shinsu University, Jepang dan kerjasama dengan CRC 990, Gotinghen University, Germany. Dari hasil riset tersebut sudah dihasilkan artikel yang terbit pada jurnal-jurnal terakreditasi nasional dan internasional yang terindeks scopus.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com