U.P. Laboratorium Dasar dan Terpadu Universitas Jambi

Sebagai cikal bakal Fakultas MIPA, untuk sementara ini mengelola Laboratorium dan penggunaannya untuk program yang menggunakan pratikum kimia, biokimia, fisika dan biologi. Laboratorium/studio merupakan perangkat penunjang pelaksanaan pendidikan pada jurusan dalam pendidikan akademik dan/atau profesional. Laboratorium/studio dipimpin oleh seorang dosen yang keahliannya telah memenuhi persyaratan sesuai dengan cabang ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian tertentu serta bertanggung jawab kepada Ketua Jurusan.

Laboratorium/studio mempunyai tugas melakukan kegiatan dalam cabang ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian tertentu sebagai penunjang pelaksanaan tugas pokok jurusan sesuai dengan ketentuan bidang yang bersangkutan. Penambahan dan penutupan jurusan pada setiap fakultas ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.

Laboratorium Dasar merupakan laboratorium dasar Universitas dan melayanai pratikum ilmu-ilmu dasar yang ada pada beberapa fakultas eksakta (Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan) dan fakultas sosial (ilmu kependidikan MIPA) seperti Biologi, Kimia, Fisika, Matematika dan Biokimia.

Gedung ini terdiri dari 2 (dua) lantai. Pada lantai 1 digunakan untuk Ruang Tata Usaha, Ruang Alat-alat, Ruang Laboratorium Biologi dan Laboratorium Kimia Organik dan Kimia Dasar, Ruang Timbang, Ruang bahan serta Ruang Dosen. Pada lantai 2 digunakan untuk ruang perkuliahan, alat dan instrumen, Ruang Destalasi, Ruang Selap, Ruang Komputasi, Kimia Organik, Laboratorium Fisika. Disamping digunakan sebagai Laboratorium Dasar, gedung ini juga digunakan sebagai gedung Unit Persiapan MIPA sebagai cikal bakal Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Pada Tahun 1999 dibentuk UP-MIPA. Kelengkapan peralatan untuk persiapan fakultas ini dibantu oleh proyek DUE-Like dari Direktorat Jenderal PendidikanTinggi (DIKTI) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan saat itu dari Tahun 1999 sampai dengan Tahun 2003. Fasilitas yang ada pada Laboratorium Dasar dan Laboratorium UP-MIPA sudah lengkap karena dibiayai dari dana Universitas dan bantuan dana dalam dan luar negeri untuk melayani pratikum ilmu dasar dan pratikum Fakultas MIPA. Sebagai cikal bakal fakultas MIPA telah 2 (dua) tahun dibuka Program Diploma Kimia Terapan (Program Studi Kimia Industri dan Program Studi Kimia Analisis).