Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Universitas Jambi

Mendalo, SU- Kegiatan MTQ mahasiswa Universitas Jambi tidak hanya sebagai ajang rutinitas, tetapi menjadi jangkar bagi kehidupan umat Islam. MTQ mahasiswa ini juga menjadi jalinan pengikat ukhuwah Islamiyah dan sarana menghidupkan Al-qur’an di kampus khususnya dan mampu menyebarkan kebaikan dengan membiasakan membaca dan mentadabbur Al-qur’an di tengah-tengah kehidupan masyarakat luas.
Al-qur’an sebagai pedoman dan penuntun hidup bagi setiap Muslim, agar selamat hidup di dunia dan bahagia-sejahtera di akhirat harus benar-benar serius mengimaninya, tidak main-main, tidak berpura-pura, tidak setengah-setengah, tetapi mesti secara penuh dan totalitas mengekspresikan nilai-nilai Islam yang terkandung dalam Alqur’an itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari.
Kalam ilahi yang senantiasa dibaca dan diamalkan juga merepresentasikan interaksi dan pemuliaan terhadap Al-qur’an, yang sesungguhnya telah mulia, melalui ajang MTQ. Acara ini mengangkat tema “Melalui Ajang MTQ, kita jalin ukhuwah dan kembali semangat membina Potensi guna Meraih Prestasi”.
Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Drs. Aprizal Lukman, M. Pd mengatakan MTQ mahasiswa Universitas Jambi tahun 2015 memiliki makna yang luar biasa karena di zaman sekarang ini adalah hal yang penting dan diharapkan agar mahasiswa yang mengikuti lomba ini dapat memahami dan memaknai isi kandungan yang ada dalam Al-Qur’an, jika kita bisa memaknai maka kita akan selamat di dunia ini, dan Al-Qur’an ini punya prinsip yaitu datangnya dari Allah, apa yang dibaca dari zaman nabi sampai sekarang masih ada dan tidak ada perubahan.
“Tingkatkan sportifitas dan tunjukkan keahlian kalian dan pertahankan nama baik kalian, harapan saya raihlah prestasi setinggi-tingginya”, ujar pak Aprizal Lukman.
Tujuan dari acara ini untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-qur’an, meningkatkan Syiar dan Ukhuwah Islamiyah antar fakultas se Universitas Jambi dan melestarikan seni dan budaya Qur’ani bangsa Indonesia
Peserta yang mengikuti lomba ini yaitu mahasiswa semester Genap Tahun Akademik 2014/2015 yang diikuti 11 fakultas dari 13 fakultas yang ada di Unja adalah sebanyak 230 orang peserta.
Musabaqah yang diselenggarakan di tingkat Universitas Jambi Tahun 2015 mengacu kepada seluruh cabang yang dilombakan pada MTQMN tahun 2015 di Universitas Indonesia yang terdiri dari Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Tartilil Qur’an, Musabaqah Qira’at Sab’ah, Musabaqah Hifzhil Qur’an (1 juz, 5 Juz dan 10 juz), Musabaqah Fahmil Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an, Musabaqah Khaththil Qur’an, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an, Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an dalam Bahasa Arab, Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an dalam Bahasa Inggris dan Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an.
Peserta unggulan yang dapat menyisihkan peserta-peserta lain dalam masing-masing cabang lomba sehingga keluar sebagai pemenang, yang bersangkutan tidak secara otomatis berhak untuk menjadi duta Unja mengikuti lomba pada ajang nasional, akan tetapi pemenang satu, dua atau tiga akan diikutsertakan dalam tahap pembinaan (Training Centre), kemudian melalui tim yang ditunjuk (gabungan pelatih dan pembina) yang berkompeten menunjuk siapa-siapa saja yang layak, pantas dan benar-benar berkualitas untuk mewakili Unja pada MTQMN di Universitas Indonesia tanggal 1 hingga 8 Agustus 2015 yang akan datang. (Yul)

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com