Pelatihan Pekerti bagi Dosen Baru Unja

Mendalo, SU- Universitas Jambi merupakan salah satu Perguruan Tinggi di Provinsi Jambi yang berperan penting menghasilkan lulusan yang berkualitas demi masa depan bangsa. Komitmen jangka panjang Universitas Jambi adalah secara aktif ikut ambil bagian dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui pendidikan berkualitas.
Dengan14 Fakultas dan 87 Program Studi yang ada saat ini, Universitas Jambi memiliki komitmen yang teguh untuk pengembangan mutu pendidikan selama lima tahun ke depan sebagai mana yang dinyatakan dalam visi dan misi Universitas Jambi, yaitu sebagai suatu pusat unggulan dan lembaga pendidikan tinggi berkualifikasi pada tahun 2020.
Peningkatan Keterampilan dasar Tehnik Instruksional (PEKERTI) dan program Applied Aproach (AA) merupakan salah satu program LP3M Universitas Jambi dalam rangka peningkatan kualitas instruksional serta profesionalitas tenaga dosen dalam memangku jabatan fungsional di Universitas Jambi.

Berdasarkan data yang kami terima dari fakultas-fakultas yang ada, masih terdapat 184 orang tenaga dosen yang belum mengikuti pelatihan Pekerti dan AA, oleh sebab itu Pusat Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P3TK) LP3M Universitas Jambi mengadakan kegiatan pelatihan Pekerti dan AA untuk memberikan pelayanan prima pada tenaga dosen yang ada di Universitas Jambi, menuju peningkatan kualitas instruksional serta peningkatan profesionalitas dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan PP No.19/2005 pasal 91tentang standar Nasional Pendidikan, setiap satuan pendidikan wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan. Selain itu juga berdasarkan KPPTJP Dikti 1996-2005 tentang profesionalitas dosen, agar dapat berfungsi secara professional, seorang dosen hendaknya memiliki tiga kompetensi,yaitu pemahamannya terhadap arah kurikulum yang ada, penguasaan bidang ilmunya, keterampilan Pedagogis.
Kegiatan pelatihan PEKERTI tatap muka (Teori dan Latihan) yang berlangsung selama 5 hari dari tanggal 16 sampai 20 Maret 2015 di ruang Senat lantai III Gedung Rektorat Universitas Jambi.
Dari pelatihan ini peserta diharapkan dapat meningkatkan mutu/kualitas proses pembelajaran yang dilaksanakan, khususnya mampu menggunakan konsep dasar pembelajaran orang dewasa dalam proses pembelajaran, memahami kompetensi yang dimiliki dosen pada Perguruan Tinggi Modern serta melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memperbaiki PROSES pembelajaran mahasiswa di kelas.
Dalam sambutannya Rektor Unja Prof. Dr. Drs. H. Aulia Tasman, M.Sc mengatakan Kegiatan ini sangat penting bagi dosen yang harus di jalankan bagi seorang dosen yaitu mengajar, sebagai peneliti dan juga mampu mengembangkan ilmu pengetahuan pada masyarakat. (Yul)

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com