Kerja Sama dengan MPR RI, Unja Gelar Seminar Nasional

Bertempat di Shanghai Room Hotel Abadi Grand, Universitas Jambi (Unja) menggelar seminar nasional. Kegiatan ini bekerja sama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI)

Seminar nasional ini mengambil tema, “Penguatan Kewenangan Komisi Yudisial  dalam Memperkokoh Kekuasaan Kehakiman dalam Prinsip Negara Hukum”. Hadir sebagai pembicara Prof. Dr. Sukamto Satoto,SH.MH dengan makalah “Peran Komisi Yudisial dalam Penegakan Hakim” dan Dr. Helmi SH, MH dengan makalah yang berjudul Pengawasan Komisi Yudisial Terhadap Hakim: Apa yang Perlu dan Harus Diawasi”, serta Dr. Zulfahmi, SH, M.Hum dengan tema makalah  “Pengawan Komisi YudisialTerhadap Hakim: Perspektif Hakim” yang merupakan Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1A Jambi.

Seminar nasional ini dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan  Drs. Zulkifli, M.S. Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilah dari MPR RI.
“Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menampung, mencari solusi, dan memperkuat lembaga-lembaga di negara kita,” kata Syukur, perwakilan dari MPR RI saat memberikan sambutan.

 

Ia juga mengatakan Komisi Yudisial (KY) saat ini belum bebas mengawasi hakim Mahkamah Agung (MA) saat memberikan keputusan. “Ya, dari diskusi, memang Komisi Yudisial (KY) perlu diberikan keleluasaan untuk mengawasi para hakim, tidak sebatas memantau pelanggaran kode etik saja,” ujar M Syukur.
Ia menjelaskan, banyak ditemukan keputusan atas kasus tertentu, para Hakim melakukan kekeliruan memutuskan. Menurutnya, apabila KY diberikan keleluasaan untuk mengawasi, tentu hal itu tidak akan terjadi.
“Peserta seminar pun, menginginkan hakim diawasi secara penuh bukan hanya pelanggaran kode etik saja” tambahnya.
Sementara itu kegiatan ini diikuti oleh peserta dari mahasiswa S1 dan mahasiswa S2 Unja, juga tampak hadir pewakilan dari kepolisian, pengadilan, dan sejumlah instansi lainnya. (Silvia Yuliansari)

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com