962 Mahasiswa Ikuti Diklat KKN

Sebanyak 962 mahasiswa mengikuti Diklat Kuliah Kerja Nyata (KKN), kegiatan yang berlangsung di Balairung Kampus Unja Mandalo di buka langsung Rektor  Prof. Dr. Drs. H. Aulia Tasman, M.Sc. Dalam sambutannya, rektor mengatakan KKN merupakan wujud pengabdian perguruan tinggi bagi masyarakat.  Pengabdian di dapat dari ilmu yang tertuang secara teoritis di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. “Ilmu yang diperoleh harus dapat diaplikasikan dan dikembangkan dalam kehidupan masyarakat,” kata rektor.

Rektor berpesan kepada peserta diklat untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan masyarakat. “Kehadiran mahasiswa di masyarakat harus dapat memberikan motivasi dan inovasi dalam bidang sosial kemasyarakatan,” pesan rektor.

Sementara itu, Ketua Badan Pelaksana KKN Kabib Nawawi, SH. MH mengatakan bahwa, KKN merupakan salah satu bentuk beban SKS dengan bobot empat yang diwajibkan kepada mahasiswa tingkat akhir. “Kegiatan KKN merupakan kewajiban mahasiswa tingkat akhir,” kata Kabib.

Menurutnya, dalam kegiatan ini mahasiswa dibekali dengan sejumlah materi yang bertujuan untuk dapat bekerja sama secara berkelompok, guna menggali potensi desa lokasi untuk diangkat menjadi sesuatu yang berguna secara nyata bagi masyarakat.

Selain itu,  Sekretaris LPPM Dr. Ir. Hamzah, M.Si juga menyampaikan, untuk mencapai tujuannya kelompok mahasiswa (posko) perlu mengetahui kearifan lokal dan adat istiadat setempat, teknik berkomunikasi dan pendekatan kepada masyarakat, fotografi wilayah, kebijakan pembangunan pedesaan dan pembangunan daerah serta pembinaan kaum perempuan dan kesejahteraan keluarga.

Lebih lanjut Dr. Ir. Hamzah, M.Si mengatakan kelompok (posko) mahasiswa KKN perlu terlebih dahulu dekat dan membaur dengan masyarakat, baru kemudian menggerakkan masyarakat untuk menjadikan potensi desa menjadi komoditas ekonomi, mengubah perilaku menjadi lebih produktif, berperilaku hidup bersih dan sehat sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi meningkat. Dengan demikian KKN yangi merupakan salah satu wujud dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat benar-benar tercapai. (Yuli)

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com