Menyongsong MEA 2015 Melalui Good Farming Practice untuk Pembangunan Pertanian Berkelanjutan”

Dalam rangka menghadapi perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang diberlakukan pada 2015, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi (Unja) mengadakan senimar nasional menyongsong MEA 2015 melalui good farming Practies untuk pembangunan pertanian berkelanjutan. Acara yang berlangsung di Aula Gedung Rektorat Lantai III Unja Mendalo dibuka oleh Wakil Rektor (Warek) Bidang Perencanaan Kerjasama dan Sisitem Informasi Prof. Dr. Ir. Zulkarnain,M.Sc, Hort.

Dalam sambutannya Zulkarnain mengatakan, perdagangan bebas MEA akan  membuka peluang besar bagi Indonesia untuk meningkatkan produk pertanian di pasar global. “Seminar ini diharapkan dapat meningkatkan peran pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka peningkatan pembangunan pertaniaan yang terintregrasi dan berkelanjutan,” ujarnya.

Menurutnya, untuk memanfaatkan peluang tersebut, diperlukan konsep dasar, strategis, dan perencanaan yang komprehensif dari semua komponen bangsa dalam rangka membangun perekonomian nasional yang kokoh.

 

 

 

 

 

 

Sementara itu Ketua LPPM Unja Prof. DR. Ir. Hj. Adriani, M.Si menyatakan,  salah satu tujuan seminar adalah untuk memacu pengembangan ilmu pengetahuan, aktifitas penelitian dan pemanfaatan hasil-hasil penelitian, pengembangangkan komunikasi dan ketertarikan diantara pihak-pihak. “Seminar ini diharapkan dapat memberi motivasi kepada dosen untuk terus meningkatkan mutu penelitian,” singkat Adriani.

Seminar yang diketuai oleh Ir. M. Afdal, MSc.,PhD menampilkan Dr. Asrullah, Prof. Dr. Ir. Nachrowi,M.Sc, Prof. Dr. Ir. Zulkarnain, M.Sc.,M.Hort, Prof. Dr. Jasmal A Syamsu, Ir. Yosep Arisanto dan Dr. Ir. Ardi Novra, MP. (Lia)

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com