Unja Jalin Kerjasama Internasional Dengan University Of Southern Queensland, Australia

Sebagai bagian dari upaya memberikan layanan akademik bermutu, Universitas Jambi memperluas jaringan kerjasama di tingkat internasional dengan berbagai universitas di manca negara. Baru-baru ini, pada tanggal 6 – 10 Februari 2016 Unja menerima kunjungan Prof. Emeritus Acram Taji, Senior Advisor of University of Southern Queensland, Australia. Kunjungan kali ini adalah yang kedua kalinya setelah sebelumnya pada tahun 2010 beliau berkunjungan ke Universitas Jambi, di mana ketika itu beliau menjabat sebagai Director of International Graduate Research, Queensland University of Technology. Tidak mengherankan apabila Profesor kelahiran Iran ini memiliki kedekatan dengan Universitas Jambi, karena beliau tidak lain adalah promotor dari Prof. Zulkarnain (Wakil Rektor IV Unja) sewaktu menyelesaikan pendidikan doktoral di University of New England, Autstralia, pada tahun 2000-2003. Selesai pendidikan doktoral di Australia tidak serta-merta memutus komunikasi antara Prof. Taji dan Prof. Zulkarnain, bahkan keduanya tetap bekerjasama melalui beberapa publikasi bersama (joint publication) yang diterbitkan oleh penerbit internasional seperti Elsevier, Springer dan Daya Publishing House.


Kedatangan Prof. Taji ke Universitas Jambi telah dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh sivitas akademika Unja. Pada tanggal 7 Februari beliau dibawa berkunjung ke lapangan meninjau lokasi kerjasama riset antara Unja dengan University of Goettingen, Jerman (CRC 990). Latar belakang beliau sebagai profesor di bidang ilmu tanaman menjadikannya tidak sulit menerima penjelasan dari Dr. Bambang Irawan selaku koordinator proyek CRC 990 mengenai kegiatan yang dilakukan. Bahkan beliau memberikan cukup banyak masukan dan gagasan untuk pengembangan proyek selanjutnya terkait dengan budidaya kelapa sawit yang diperkaya dengan tanaman kehutanan (enrichment planting) yang sekarang sedang diuji di lahan sawit milik PT. Humusindo.

Pada hari kedua, yakni tanggal 8 Februari diisi dengan memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Fakultas Pertanian dan Fakultas Kehutanan dengan topik: Agriculture – its essence and future food security dan English: a gateway to an interconnected society. Antusiasme mahasiswa mengikuti kuliah umum terlihat dari padatnya ruangan yang biasanya dipakai untuk Rapat Senat Universitas, bahkan sejumlah mahasiswa terpaksa mengikuti kuliah sambil berdiri baik di dalam maupun di luar ruangan.

Pada hari ketiga Prof. Taji menjadi narasumber dalam sosialisasi penelitian untuk para dosen yang diadakan oleh Lembaga Penelitian Unja. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan materi How to write a critical literature review dan Presenting and publishing our research. Mengingat latar belakang beliau sebagai seorang ilmuwan dan penulis yang sudah memiliki banyak pengalaman internasional, tentunya kesempatan ini merupakan peluang emas bagi staf dosen dan peneliti Unja untuk sebanyak mungkin belajar dan menimba ilmu dari Prof. Taji.

Kehadiran Prof. Taji di tengah-tengah sivitas akademika Unja diharapkan akan memperlebar nuansa internasionalisasi Universitas Jambi dalam rangka mewujudkan visi “Menjadi perguruan tinggi bermutu dengan berbagai pusat unggulan yang inovatif dan kompetitif secara nasional dan internasional pada tahun 2025”. (©Zul)

 

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com