Ketua PB NU beri Kuliah Umum di Unja

JAMBI – Bertempat di ruang Senat Gedung Rektorat Lt. III Unja Mendalo berlangsung acara kuliah umum dengan tema “Islam Nusantara”, Senin (15/08). Kuliah umum kali ini di hadiri oleh Ketua Umum Pengurus  Besar Nadlatul Ulama 2015 – 2020 Prof. Dr. K.H Said Aqil Siradj, M.A.

Sebayak 200 peserta yang hadir dalam kuliah umum ini yang terdiri dari pimpinan Nahdatul Ulama beserta rombongan, rektor, wakil rektor, dekan, wakil dekan dan sivitas akademika unja.

 

Acara di buka langsung oleh Rektor Unja Prof. Johni Najwan, S.H.,M.H,Ph.D dalam sambutannya mengatakan “Membicarakan tentang islam nusantara mungkin banyak diantara kita yang salah kaprah memahami islam itu sendiri, dan dari berbagia media ada yang mengatakan alqur’an itu perlu ditafsirkan, tidak hanya secara tekstual tetapi sudah secara konstektual”,ujar rektor.

“Lebih lanjut rektor juga mengatakan, ada yang berpandangan bahwasanya alqur’an yang harus mengikuti perkembangan zaman, bukan perkembangan zaman yang harus disesuaikan dengan ketentuan Allah dalam alqur’an, untuk itu agar kita tidak salah kaprah memahami islam kita harap adanya pencerahan dalam kuliah umum ini”

Said Aqil menjelaskan, Islam Nusantara adalah Islam berbudaya. Islam yang menghormati budaya peradaban, kreativitas manusia, selama budaya itu tidak melanggar syariat Islam, ”Seperti walimatul khitan, di Arab tidak ada, kita lestarikan. Islam menjadi kuat, budaya menjadi lestari,” kata Said Aqil saat kuliah umum berlangsung.

Dijelaskannya, Islam yang ada di Indonesia berbeda dari yang ada di Timur Tengah. ”Kita sudah berjalan sekian ratus tahun, saat bermula dari Islam Wali Songo, Islam ulama, guru-guru kita. Tidak seperti apa yang ada di Timur Tengah,” ujarnya

Suatu hal yang dipahami, bagaimanapun juga dengan pencerahan ini diharapkan tidak ada lagi perbedaan yang menimbulkan perpecahan di antara sesama umat Islam itu sendiri (Yuli)


Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com