Tingkatkan Mitigasi Bencana Melalui Seminar

Mendalo,- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jambi (UNJA) bekerja sama dengan Pusat Studi Penanggulangan Bencana (PSPB) menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian Mitigasi Bencana, di Aula Seminar LP2M Universitas Jambi, Kamis (3/11).

Seminar tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. H. RA Muthalib, M.S, dan dihadiri oleh 100 orang peserta yang berasal dari beberapa institusi ataupun lembaga seperti, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, BPBD Muaro Jambi, BPBD DAMKAR Kota Jambi, Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kota Jambi, Pramuka Kwarda Jambi, Dinas Sosnakertrans Provinsi Jambi, Dinas Sosial Kota Jambi, IAIN Sultan Thaha Jambi, Universitas Batanghari, Stikba, Stikes Prima, Resimen Mahasiswa Universitas Jambi serta pemerhati lingkungan lainnya.

Sehubungan dengan itu, Prof. Dr. Ir. H. RA Muthalib, M.S. mengatakan bahwa pentingnya meningkatkan peran pihak-pihak yang terkait dalam rangka mengatasi mitigasi bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial khususnya di Provinsi Jambi.

“Beberapa wiliyah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, dan Garut sudah terkena bencana banjir. Hal ini tidak menutup kemungkinan akan terjadi juga di Provinsi Jambi, apalagi sekarang sudah memasuki musim penghujan, jadi peran pihak-pihak yang terkait dengan bencana alam maupun sosial harus siap siaga,” ungkapnya.

Sementara itu, Dr. Neverdiman selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakan seminar ini adalah untuk mengkomunikasikan ataupun menginformasikan mengenai Mitigasi Bencana alam dan sosial kepada pihak-pihak terkait.

“Tujuannya untuk mencari solusi yang tepat terkait mitigasi bencana khususnya di wiliyah Provinsi Jambi, dengan memberikan konsep, strategi, dan pemetaan terhadap daerah-daerah yang rawan bencana, baik bencana alam maupun sosial. Kemudian untuk memacu pengembangan ilmu, aktivitas penelitian, dan pemanfaatan hasil-hasil penelitian tentang mitigasi bencana,”ujarnya. (mg1)

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com