Rektor “Mahasiswa adalah Agent of Change”

Mendalo,- Rektor Unja Prof. H. Johni Najwan, S.H.,M.H.,Ph.D mengatakan bahwa mahasiswa adalah Agent of  Change artinya mahasiswa merupakan generasi perubahan dan pembaharuan, jadi sangat diperlukan Revolusi Mental ini untuk generasi muda dalam fase Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Hal ini diungkapkan Rektor ketika membuka kegiatan Kuliah Umum Gerakan Revolusi Mental Melalui Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Menbentuk Generasi Muda yang Berkarakter dan Berdaya Saing, kerjasama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan Universitas Jambi (UNJA), di Aula Rektorat Universitas Jambi, Kamis (10/11).

“Mahasiswa merupakan generasi perubahan, generasi yang akan melakukan revolusi mental, banyak persoalan generasi muda yang selama ini tidak terselesaikan persoalannya, malahan para generasi muda ketika menghadapi masalah melakukan pilihan sehingga bukannya menyelesaikan masalah tetapi malah menambah masalah, oleh karena itu perlu dilakukan revolusi mental yang dulunya menerima sekarang harus bisa menjadi generasi yang memberi, apalagi sekarang kita telah masuk pada fase Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang menuntut generasi muda khususnya mahasiswa untuk bisa berkompetitif dengan generasi-generasi muda yang ada di ASEAN, karena jika tidak kita semua akan menjadi penonton di Negeri kita sendiri,” tambah Rektor.

Selain itu Kepala BKKBN RI Dr. Surya Chandra Surapaty, MPH.,Ph.D, memberikan kuliah umum kepada 320 orang mahasiswa S1 dan mahasiswa S2 Unja yang hadir dalam kegiatan ini.

Surya Chandra menjelaskan perkembangan BKKBN pada tahun 70 bisa menurunkan angka pertumbuhan penduduk, namun setelah reformasi perumbuhan penduduk kembali meningkat, maka dari itu sekarang kita harus menggalakkan atau revitalisasi program Keluarga Berencana (KB) agar tidak terjadi ledakan penduduk dengan melalui pembangunan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

“Melalui pembangunan KKBPK ini untuk mengajak seluruh masyarakat, seluruh komponen pemerintah dari pusat kota sampai ke desa-desa agar bersama-sama ikut gerakan revolusi mental dalam rangka membentuk karakter bangsa. Sebab karakter sebagai bagian dari salah satu faktor kualitas manusia” jelas Surya Chandra.

Beliau juga berpesan kepada generasi muda agar sadar akan siapa dirinya, jika selama ini mereka tidak tahu siapa dirinya, harus belajar komunikasi, tiga komunikasi yakni komunikasi diri dengan Tuhan, komunikasi diri dengan diri sendiri, dan komunikasi diri dengan manusia lain.(mg1/mg3/mg4)

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com