Tim Robotik Unja Siap Tanding di Kemenristek Dikti

Mendalo- Tim Robotik dan Otomasi (ROBOUMI) Fakultas Teknik Universitas Jambi  (Unja) Lolos seleksi tahap pertama perlombaan robotik tingkat nasional yang diadakan oleh Kemenristek Dikti tahun ini. Sebanyak  empat tim akan bersaing di kancah Nasional dimana sebelumnya tim ini berhasil meraih juara dua dalam lomba robotik yang berlangsung di Institut Teknologi Bandung (ITB) November 2016 dan memenangkan Electric Design Contest (EDC) sebagai juara dua kategori Embedded System. Kali ini ke empat tim tengah mempersiapan diri kembali untuk ikut pada kejuararaan yang diadakan oleh Kemenristek Dikti .

robot-2“Ini untuk pertama kalinya tim Robotik Unja ikut dalam kejuaraan Kontes Robot Indonesia (KRI) yang diadakan Kemenristek Dikti, kita mengharapkan doa dari sivitas akademika Unja, agar tim ini berhasil meraih juara,” Ujar Prof. Drs. Damris, M.Sc., Ph.D dihadapan Rektor Unja, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D bersama rombongan tim robotik di Ruang kerja Rektor Unja.

robot-3“Sambutan dan dukungan yang luar biasa dari rektor terhadap tim robotic Unja yang akan bersaing di kancah Nasional, untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada pak rektor, semoga Tim ini akan kembali dengan Juara,” Tambahnya.
Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Nazarudin, S.Si, M.Si, Ph.D yang ikut mendampingi tim mengatakan ada empat tim yang akan bertanding nantinya, “pada seleksi pertama ini Unja mengirimkan empat Tim dan ke empat tim tersebut lolos ke babak selanjutnya,”ujarnya.
“Dalam perlombaan nanti ada tujuh robot yang akan ditampilkan, yaitu Robot Cerdas Pemadam Kebakaran, Robot Abu Robocon Indonesia, Robot Sepak Bola Indonesia dan Robot Seni Tari Indonesia dan kita berharap tim ini mendapatkan hasil yang memuaskan,” Harapnya.

robot-1
Dalam berita sebelumnya, Tim Robotik dan Otomasi (ROBOUMI) Fakultas Teknik Universitas Jambi (Unja) berhasil meraih juara dua dalam lomba robotik yang berlangsung di Institut Teknologi Bandung (ITB) tanggal 30 November 2016. Dini Khusnul Yaqin yang bertugas sebagai programing elektronika, Cahaya Lidya programing software, dan Alfiansyah perangkai alat yang bertanding di ITB beserta tim ROBOUMI berhasil ukir prestasi di tingkat nasional dengan memenangkan Electronic Design Contest (EDC) sebagai juara dua kategori Embedded System.
Saat ditemui, Dini Khusnul Yaqin selaku ketua tim mengatakan dalam perlombaan robotik, mereka membuat game iron man control dengan menggunakan sarung tangan elektronik dan virtual reality.“Kami mengikuti kategori lomba Electronik Desain Contest (EDC)”, ucapnya, Rabu (21/12). Lanjutnya, perlombaan pertama yang diikuti dengan meraih juara dua, menjadi pemacu untuk trsus berkreativitas dalam perlombaan serta menciptakan inovasi baru.
“Alhamdulillah bisa meraih juara, dan akan berusaha meningkatkan lagi”. Ucapnya.
Terpisah, Swadexi Istiqphara,S.T., M.T dan Yonggi salah satu pembimbing tim menuturkan bangga dengan raihan prestasi mahasiswa tersebut dan menjadi awal pemacu semangat untuk terus ber inovasi.
“Tentu kami senang dan bangga atas pencapaian saat, dan akan terus ditingkatkan”, katanya.
Ditambahkannya, skill mahasiswa akan terus ditingkatkan mengingat banyaknya kontes yang bisa mereka ikuti dan dirinya berharap semua pihak membantu sarana dan prasarana yang dibutuhkan.“Kedepan akan ditingkatkan skill, dan mengikuti banyak ” ucapnya.
Sementara itu, Prof. Drs. Damris M, M.Sc., Ph.D., selaku Dekan Fakultas Teknik menyambut baik prestasi mahasiswa dalam berinovasi, dan mendukung kegiatan mahasiswa serta menyediakan ruangan khusus bagi mahasiswa robotika untuk terus berinovasi
“Fakultas sangat mengapresiasi serta mendukung kegiatan mahasiswa, dan merasa bangga dengan raihan prestasinya. Pihak fakultas telah  menyediakan ruangan khusus untuk mahasiswa untuk berinovasi dan berdiskusi untuk menciptakan karya yang bermanfaat”, katanya.(lia)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com