KLINIK HEWAN FAPET DIBUKA UNTUK UMUM

MENDALO- Fakultas Peternakan (FAPET) Universitas Jambi (UNJA) telah memiliki Klinik Hewan Kesayangan yang resmi dibuka pada awal tahun 2017 lalu. Klinik berada di Laboratorium Fakultas Peternakan. Klinik hewan ini diberi nama “Klinik Hewan Kesayangan”. Klinik ini melayani pemeriksaan, pengobatan serta perawatan untuk hewan peliharaan. Klinik yang telah aktif sejak 4 bulan terakhir ini ternyata dibuka untuk umum, boleh dari kalangan mahasiswa Unja sendiri, mahasiwa Universitas lain, maupun masyarakat luar.

FormatFactoryIMG-20170801-WA0002Menurut salah seorang staf Klinik Hewan Kesayangan Sabilul Marda, Amd.A.K, klinik ini telah banyak di kunjungi oleh mahasiswa, terutama mahasiswa FAPET sendiri, dan bahkan telah ada beberapa pasien kucing yang pemiliknya adalah mahasiswa dari Universitas lain seperti Universitas Batanghari dan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi .

“Klinik kita ini dibuka untuk umum, kemarin ada yang membawa kucing kesini itu mahasiswa mahasiswa dari UIN Sulthan Thaha Saifuddin dan Universitas Batanghari”. Ujar Sabilul Marda, A.Md.A.K.

Untuk pengecekan kesehatan hewan Klinik buka pada jam kerja dari hari Senin sampai hari Jumat, sedangkan pada hari Sabtu klinik hanya melayani Grooming atau memandikan hewan peliharaan saja.

Klinik Hewan ini telah ada 1 orang dokter hewan yaitu dr. Dandi Satria, beliau adalah dosen prodi Kesehatan Hewan (Keswan) di Unja. Selain dokter hewan, klinik ini juga dibantu oleh mahasiswa Keswan Unja sendiri. Tujuan dilibatkan mahasiswa dalam pemeriksaan hewan di klinik agar para mahasiswa lebih terampil dalam proses pengobatan dan perawatan hewan.

“klinik kita buka pada jam kerja senin sampai jumat untuk pengecekan kesehatan hewan, dan hari sabtu hanya untuk grooming saja. Disini ada 1 dokter hewan dr. Dandi Satria dan melibatkan para mahasiswa Keswan guna melatih keterampilan para mahasiswa”. Tambahnya.

Fasilitas yang ada di Klinik Hewan ini sudah cukup lengkap karena tersedianya alat-alat kesehatan hewan seperti alat untuk operasi dan berbagai jenis obat. Penyakit yang sering ditangani adalah Scabies dan penyakit kulit yang umumnya diderita oleh kucing.
Klinik hewan yang ada di Unja ini belum banyak diketahui oleh banyak orang karena belum adanya pengenalan terhadap khalayak umum. Staf Klinik hewan mengharapkan adanya kegiatan pengenalan atau promosi kepada kalangan mahasiswa dan masyarakat luar agar bisa lebih baik dan meningkat.

“saya mengaharap adanya promosi ke luar untuk klinik ini agar klinik ini lebih meningkat, karena klinik ini belum banyak diketahui oleh orang banyak dan semoga klinik ini bermanfaat bagi perkembangan Unja kedepannya”. Harapnya.

Riza Anestia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com