HADIRI WISUDA UNJA KE-77, WAKIL KETUA DPR RI BERIKAN ORASI ILMIAH.

FormatFactoryHMS_7980Mendalo – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Dr. H.Fadli Zon, S.S.,M.Sc., hadir dalam rapat terbuka senat Universitas Jambi (Unja) dalam acara wisuda ke-77 Program Doktor, Magister, Profesi, Sarjana dan Diploma semester ganjil tahun akademik 2017/2018, Sabtu (12/08).

Acara bertempat di Aula Balairung Unja yang dihadiri oleh Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Jambi dan selaku Pimpinan Komisi X DPR RI, Ir. H. A. R. Sutan Adil Hendra, M.M., Gubernur Jamb, Para Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Provinsi Jambi, Walikota dan Bupati di Provinsi Jambi, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Provinsi Jambi, dan Orang tua dan Wali wisudawan.

Tema Orasi Ilmiah Wisuda ke-77 yang diberikan oleh Wakil Ketua DPR RI di Unja adalah Ketimpangan Ekonomi dan Masa Depan Demokrasi Kita. Fadli Zon dalam pemaparannya menyatakan bahwa pemerintah harus terlibat aktif dalam membentuk struktur perekonomian yang adil melalui sejumlah intervensi struktural.

“Persoalan kita saat ini adalah ketidakadilan ekonomi, ketidakadilan hukum, dan ketidakadilan sosial. Dan ketimpangan ini berbahaya untuk kebhinekaan. Jadi, bukan perbedaan agama bukan perbedaan etnik dan bukan perbedaan golongan. Perbedaan-perbedaan itu adalah kekayaan kita. Sehingga kita juga mengimbau jangan salah mendiagnosa permasalahan. tegasnya.

Fadli juga berpesan kepada seluruh mahasiswa yang baru saja wisuda untuk memahami bahwa perekonomian mayoritas rakyat Indonesia saat ini ditopang oleh usaha kecil dan mikro, atau yang dulu oleh Bung Hatta disebut sebagai ekonomi rakyat.
“Sangat ironis jika perguruan tinggi kita hanya bisa menghasilkan tenaga-tenaga professional yang hanya bias bekerja di perusahaan-perusahaan besar atau asing, dan sangat jauh dari realitas ekonomi rakyat. Ucapnya.

Selain itu Wakil Ketua DPR RI juga mengapresiasi prestasi yang sudah diraih oleh Unja yaitu Peringkat Perguruan Tinggi yang secara konsisten mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

“Saya mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang diwisuda hari ini oleh rektor dan saya bangga kepada Universitas Jambi karna sudah meraih rangking 30, meningkat naik, sebelumnya rangking diatas 100-an, ini suatu prestasi yang dibanggakan dan harus ditiru oleh perguruan tinggi yang ada di Provinsi Jambi.” Tutupnya.

Pimpinan Komisi X DPR Ir. H. A. R. Sutan Adil Hendra, M.M., menambahkan, ini menjadi suatu perhatian penuh dari kita di DPR. Semua ini terjadi karena adanya ketidakadilan, baik ketidakadilan ekonomi, ketidakadilan hukum, dan ketidakadilan sosial didalam beberapa hal.
“ Pertama-tama saya mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang diwisuda hari ini. Banyaknya gedung-gedung yang belum selesai akan menghambat situasi proses pembelajaran itu sendiri. Lain sisi kita mau mutu pendidikan ditingkatkan. Ini artinya, pemerintah  tidak mengikuti bagaimana kita sekarang dalam Era Global, kita bicara Era Global tentu Sumber Daya Manusianya (SDM) berjalan. Untuk pendidikan harus bisa menjadi prioritas anggarannya, akan tetapi anggaran pendidikan terus dipotong. Pemerintah kita belum berpihak kepada SDM bangsa. Suatu Negara mempunyai jati diri yang baik, jika sarana dan prasana nya lebih baik bila SDM itu yang sangat di prioritaskan”, Tegasnya.

Jogi Hotmario Panjaitan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com