BPKP UNDANG KETUA MIE UNJA KE JEPANG

Telanaipura– Ketua Magister Ilmu Ekonomi Universitas Jambi, Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, SE., MA diundang sebagai peserta International Short Course yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di National Graduate Institute for Policy Studies (GRIPS) Tokyo, Jepang selama 9 hari terhitung mulai tanggal 01-09 Desember 2017 yang membahas tentang “Good Governance Policy Evaluation and Internal Audit in Public Sector” Kegiatan ini merupakan usaha peningkatan kompetensi dan pemberian penghargaan bagi pengelola Program Beasiswa State Accountability Revitalization (STAR) BPKP yang disponsori oleh Asian Development Bank (ADB).

MIE
Program Beasiswa STAR BPKP merupakan program yang dilatar belakangi karena masih lemahnya pemahaman mengenai pengelolaan keuangan negara/daerah, rendahnya tingkat opini WTP Pemda termasuk Provinsi Jambi dan sebagai upaya peningkatan akuntabilitas.
“Beasiswa ini ditujukan untuk peningkatan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi khususnya bagi para Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan pengelola keuangan negara/daerah”, ujar Syamsurijal.
Syamsurijal menambahkan Program yang dibiayai penuh oleh bantuan Asian Development Bank (ADB) tersebut memberi kesempatan bagi aparat pemda yang memenuhi kualifikasi, untuk meneruskan pendidikan Strata 2 (S2).
“Selain itu, penerima beasiswa diberi hak berupa tunjangan biaya hidup, tunjangan tempat tinggal, pembelian buku, biaya penelitian dan yudisium agar diharapkan para penerima Beasiswa STAR BPKP dapat fokus belajar dan mampu menyelesaikan studi tepat waktu”, Tambahnya.
Setelah menempuh persaingan yang ketat, Program Magister Ilmu Ekonomi Universitas Jambi berhasil dan diberi kepercayaan oleh BPKP untuk mengelola beasiswa tersebut selama dua periode yaitu periode 2014-2016 sebanyak 57 mahasiswa dan periode 2015-2017 sebanyak 49 Mahasiswa.
“Alhamdulillah, kesemua mahasiswa tersebut dapat diselesaikan tepat waktu, hanya satu mahasiswa yang terpaksa dikeluarkan karena tersangkut masalah hukum. Ini berarti Universitas Jambi sudah memberi kontribusi kepada pembangunan Jambi dengan mencetak 105 orang tenaga perencana di bidang Keuangan yang sudah siap pakai. Insya Allah, direncanakan pada Program STAR BPKP untuk gelombang ketiga yang direncanakan pada tahun 2019, MIE akan dipercaya kembali,” Tutup Syamsurijal
Sebagai Apresiasi keberhasilan ini, Ketua MIE diundang BPKP Pusat sebagai presenter dalam seminar nasional di Yogyakarta yang membahas tetang strategi kesuksesan pendidikan Mahasiswa STAR BPKP sedangkan di Jakarta membahas tentang Akuntabilitas Keuangan Pemerintah Indonesia serta mengikuti International Course di National Graduate Public Policy di Jepang.

SILVIA YULIANSARI
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com