LPTIK GELAR WORKSHOP SISTEM ELEKTRONIK TERINTERGRASI TUGAS AKHIR MAHASISWA (ELISTA)

Mendalo– Tugas akhir merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa pada setiap jenjang atau level pendidikan, tugas akhir tersebut bisa berupa skripsi, tesis, disertasi, serta kegiatan lain nya. Untuk memudahkan Ketua Prodi dan Operator yang bertugas memasukkan tugas akhir mahasiswa tersebut, Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Jambi (Unja) melaksanakan Workshop Sistem Elektronik terintergrasi Tugas Akhir Mahasiswa (ELISTA) bagi seluruh Fakultas yang berlangsung di Ruang Vicon LPTIK (2/7).

Dalam sambutannya, Ketua LPTIK, Drs. Jefri Marzal, M.Sc.,D.I.T mengatakan Selama ini semua prodi yang ada di Unja sudah melaksanakan hal tersebut, tetapi karena pengerjaan dalam skala yang besar, banyak muncul permasalahan, diantaranya kegiatan pembimbingan tugas akhir yang tidak terlaporkan ke forlap PDPT Dikti.

“Artinya kegiatan yang begitu penting ini tidak tercatat di Kemeristekdikti sama sekali, akibatnya data-data bimbingan ini tidak bisa diakses dosen-dosen pembimbing layaknya mereka mengakses data-data pengajaran mereka, Kedua dosen pembimbing banyak yang tidak mengetahui berapa banyak mahasiswa yang mereka bimbing, mahasiswa itu sudah tamat atau belum,” Ujar Jefri kepada peserta sosialisasi.

Selain itu Jefri juga mengatakan apllikasi ELISTA ini untuk mengantisipasi plagiat tugas akhir, misalkan mahasiswa mengajukan judul yang sama atau yang sudah ada.

“Hal ini banyak terjadi di prodi-prodi yang tidak tercatat dengan rapi apa saja penelitian yang sudah dilakukan,” ujar Jefri.

Dengan demian untuk mengatasi persoalan tersebut LPTIK membuat sistem terintergrasi agar persoalan-persoalan tersebut bisa diselesaikan dengan baik, maka dibuatlah ELISTA (Sistem Elektronik terintergrasi Tugas Akhir Mahasiswa).

“LPTIK dalam enam bulan ini sudah mengembangkan aplikasi khusus untuk tugas akhir ini yang kita sebut ELISTA yaitu sistem informasi berbasis website untuk mengelola bimbingan tugas akhir mahasiswa meliputi karya ilmiah, skripsi, tesis dan disertasi. Data yang terangkum pada ELISTA akan dilaporkan secara periodik ke pangkalan data

Dikti dan dapat diakses oleh masing-masing dosen melalui website sister.unja.ac.id,” tutup Jefri.
Sebagai informasi tambahan, kegiatan workshop tersebut diatas dilaksanakan selama 4 hari dimulai pada tanggal 2-5 Juli 2018 dengan narasumber Sekretaris LPTIK, Edi Saputra, S.T.,M.Sc, serta Koordinator Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem dan Keamanan Informasi, Dedi Setiawan,S.Kom. MIT dan Programer LPTIK, Edi Elisya.

Silvia Yuliansari
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com