TIM ASESOR BAN PT VISITASI PRODI BK FKIP

Muaro Jambi – Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi di Program Studi Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (Unja), Kamis dan Jumat (12-13/07/2018).

Tim asesor terdiri dari dua orang yaitu Dr. Abdul Saman, M.Si, Kons, dari Universitas Negeri Makasar dan Dr. Muhammad Nur Wangid dari Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam melakukan visitasi kedua asesor tersebut didampingi oleh Dekan FKIP Unja, ketua Prodi dan dosen BK, serta tim Jaminan Mutu FKIP Unja.

Dr. Muhammad Nur Wangid asesor kedua yang membacakan hasil asesmen lapangan mengatakan visi misi Prodi BK sudah bagus hanya perlu menyelaraskan sebagai lembaga pelayanan untuk dijadikan rujukan bagi Prodi BK dan stakeholder atau pengguna. Dr. Muhammad Nur Wangid juga mengatakan, bidang kemahasiswaan sudah dikelola dengan baik, hanya perlu pengelolaan khusus agar prestasi mahasiswa dapat terdata lengkap.

“Pada umumnya sudah bagus hanya perlu didorong untuk menjamin pelayanan yang berkualitas dan berstandar. Bidang kemahasiswaan perlu menjadi perhatian agar prestasi mahasiswa terdata dengan baik,” katanya.

Berkaitan dengan Sumber Daya Mausia (SDM), Dr. Muhammad Nur Wangid menuturkan, banyak alumni yang meminta adanya Magister Bimbingan Konseling di Universiats Jambi. Maka Prodi BK perlu mendorong dosen-dosen baru untuk melanjutkan tugas belajar.

“Ke depan tantangan juga banyak. Dosen baru segera didorong untuk studi. Alumni mengaharapkan ada S2 BK untuk linieritas,” tuturnya.

Dalam bidang penelitian dan pengabdian oleh dosen Prodi BK, Dr. Muhammad Nur Wangid menyarankan agar terus menambah jumlah keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan dosen. Selain penelitian dan pengabdian, kata Dr. Muhammad Nur Wangid kerja sama dengan luar negeri juga bisa diriintis melalui penelitian bersama sehingga bisa menerbitkan artikel di jurnal internasional.

“Penelitian dan pengabdian bagus. Tingkatkan lagi keterlibatan mahasiswa,” imbuhnya.

Sementara itu, Dekan FKIP Unja Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si menagtakan bersyukur dengan selesainya asesmen lapangan oleh asesor terhadap Prodi BK. Berbagai catatan yang disampaikan oleh asesor dapat dijadikan perbaikan.

“Alhamdulillah kita sudah menyelesaikan visitasi. Mudah-mudahan harapan kami tercapai,” kata Dekan.

Masih kata Dekan, saat ini FKIP sudah membahas proposal untuk kerja sama dengan universitas Sultas Idris Malaysia dan Daikin University Autralia untuk kemajuan kerja sama luar negeri Prodi FKIP Unja.

“Di Fakultas sudah membahas proposal kerja sama dengan luar negeri, dan ini untuk kemajuan ke depan,” tambahnya.

Terpisah, ketua Prodi BK Drs, Nelyahardi, M.Pd. mengaku bersyukur selesainya asesmen lapangan oleh tim asesor. Ia juga menyampaikan terima kasih atas masukan yang diberikan oleh ke dua asesor untuk pengembangan Prodi BK ke depan.

“Alhamdulilah mendapatkan asesor yang baik dan penuh perhatian yang banyak memberikan masukan untuk pengembangan Prodi BK kedepannya. Insyaa Allah akan segera perbaikan,” ujarnya.

Priyanto
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com