3.704 PESERTA IKUTI SELEKSI MANDIRI

Mendalo- Sebanyak 3.704 peserta yang terdiri dari pendafatar kelompok Sains Teknologi (Saintek), Sosial Humaniora (Soshum) serta Campuran mengikuti Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) tahun 2018 di Universitas Jambi (Unja) Kampus mendalo (17/7).

“Setelah dinyatakan lulus melalui jalur mandiri, maka calon mahasiswa melaksanakan registrasi ulang dengan membayar uang pangkal yang masing-masing setiap fakultas berbeda-beda,” Ujar Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Muthalib.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. H. RA. Muthalib, M.S mengatakan, Pelaksanaan SMMPTN wilayah barat tersebut merupakan penerimaan mahasiswa melalui ujian tulis yang dilaksanakan oleh beberapa perguruan tinggi negeri di wilayah barat untuk program sarjana.

“Ada Lima belas PTN yang tergabung dalam penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2018 yaitu Unja, Unsyiah, Unand, Unila, Unib, ISI Padang Panjang, UPR, Unimal, Untirta, Umrah, UBB, UTU, Utera, ISBI Aceh dan Unsam” tambah Muthalib.

Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016, bahwasanya penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada perguruan tinggi negeri, (PTN) selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, dapat juga dilakukan melalui Jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi.

SMM PTN-BARAT 2018 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya mengadopsi pola yang dilakukan pada jalur SBMPTN yaitu berdasar hasil ujian tulis berbasis cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT

Sedangkan pengumuman hasil ujian pengumuman seleksi SMMPTN 2018 itu akan dilaksanakan kan pada tanggal 27 Juli 2018 mulai pukul 14.00 WIB dan dapat diakses melalui laman http://pengumuman.smmptnbarat.id dan laman mirror masing-masing universitas.

SILVIA YULIANSARI
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com