BEKERJASAMA DENGAN ASOSIASI PENGAJAR HUKUM LINGKUNGAN, FH UNJA SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL

Thehok-Dengan mengusung tema Penegakan Hukum Lingkungan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, Rektor Universitas Jambi, Prof. H. Johni Najwan, S.H.,M.H., Ph.D membuka secara resmi kegiatan seminar nasional kerjasama Asosiasi Pengajar Hukum Lingkungan Indonesia (PHLI) dengan Fakultas Hukum (FH) Unja yang digelar di hotel BW Luxury Jambi ( 23/7).

Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan pengajar hukum lingkungan dari berbagai kota di Indonesia ini juga dihadiri oleh Ketua Pembina Hukum Lingkungan Indonesia, Prof. Dr. Ida Nurlinda, S.H., M.H., Guru Besar Hukum Lingkungan Universitas Andalas, Prof. Dr. Takdir Rahmadi, S.H., LL.M Guru Besar Hukum Lingkungan Universitas Jambi, Prof. Dr. Elita Rahmi, S.H., M.H, Direktur Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Yasid Nugraha, Wakil Ketua Pengadilan Surabaya Andriani Nurdin, serta Tagor Mulya Nasution, Staf Ahli Gubernur Jambi.

Rektor Unja dalam sambutannya mengatakan seminar ini merupakan sebuah kegiatan yang fenomenal yang menyangkut penegakan hukum serta pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia.

“Saya ucapkan selamat datang di Propinsi Jambi bagi Bapak/Ibu yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Semoga dengan diadakanya seminar ini dapat menghasilkan gagasan yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara kedepan terutama berhubungan dengan penegakan hukum lingkungan hidup yang ada di Indonesia,” Ujar Rektor.

Sementara itu Ketua pembina pengajar hukum lingkungan Indonesia, Prof Ida Nurlinda mengatakan Perhimpunan Hukum Lingkungan Indonesia (PLHI) terbentuk pada tahun 1988 di Yogjakarta dengan tujuan mengembangkan khazanah keilmuan khususnya dibidang hukum lingkungan.

“Kegiatan ini rutin kita laksanakan setiap tahunnya dengan tujuan berupaya untuk mengupdate kurikulum lingkungan itu sendiri. Dan pada kesempatan inilah kita sama sama akan mengupdate kurikulum tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Gakum KLH Yasid Nugraha membacakan sambutan Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dihadapan para peserta. Inti sambutan tersebut adalah pentingnya peran para stakeholeder dalam mengelola permasalahan penegakan hukum lingkungan mulai dari masyarakat sampai para ahli lingkungan hidup.
Selain itu Dekan Fakultas Hukum, Dr. Helmi, S.H., M.H mengatakan dengan diadakannya seminar ini diharapkan adanya rekomendasi-rekomendasi yang bisa diakomodir oleh penegak hukum.

“Rekomendasi-rekomendasi itu diharapkan menjadi salah satu masukan bagi penegakan Hukum Lingkungan Misalnya Polisi, Jaksa, Hakim yang ada di Indonesia dan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat.” Ujarnya.
Selain melakukan seminar melalui presentasi-presentasi dari pemakalah, edu wisata menjadi penutup kegiatan ini dengan mengunjungi situs peninggalan kuno di Kabupaten Muaro Jambi yaitu Candi Muaro Jambi.

SILVIA YULIANSARI
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com