WAPRES BEKALI WAWASAN KEBANGSAAN DALAM PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS

WAPRES: MESKI RAKYAT INDONESIA BERBEDA SUKU, NAMUN PERBEDAAN ITULAH YANG MEMBUAT INDONESIA KUAT.

Mendalo – Wakil Presiden Republik Indonesia, Dr. Drs. H. Jusuf Kalla memberikan pembekalan wawasan kebangsaan bagi mahasiswa baru Universitas Jambi di Gedung Balairung Pinang Masak Unja Mendalo dihadapan 7.500 mahasiswa baru .

“Kedatangan Wapres merupakan sebuah kehormatan bagi Universitas Jambi sekaligus kesempatan bagi 7.500 mahasiswa baru Unja untuk mendapatkan paparan tentang wawasan kebangsaan dari Wapres” Ujar Rektor Prof. H. Johni Najwan , S.H., M.H mengawali sambutannya.

Rektor juga melaporkan kepada Wakil Presiden bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari seluruh saringan penerimaan maru.

“Para mahasiswa baru yang mengikuti kuliah umumkali ini adalah mereka yang lulus melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN tahun 2018” Ujar Rektor.

Sementara itu, Rektor Universitas Jambi, Prof Johni Najwan mengatakan pembekalan wawasan kebangsaan dan bela negara yang disampaikan Wapres sangatlah penting diberikan kepada generasi muda terutama mahasiswa baru Universitas Jambi.

“Pembekalan wawasan kebangsaan dan bela negara ini penting diberikan kepada generasi muda yang kita harapkan menjadi calon-calon pemimpin bangsa masa depan,” ujarnya.

Rektor juga berharap kehadiran Wapres untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi para mahasiswa terutama tentang pentingnya wawasan kebangsaan dan bela negara bagi para generasi muda Indonesia.

Sementara itu, Wapres dalam arahannya berpesan agar para mahasiswa baru dapat memakmurkan negara disegala bidang sebagai bentuk bela negara. Sebab itu kebodohan haruslah dilawan karena itu adalah musuh bangsa.

“Membela negara artinya menjaga bangsa. Jangan anggap banyaknya perbedaan suku menjadi kendala justru perbedaan tersebut membuat kuat kita semua,” katanya.

Dikesempatan itu Wapres juga meminta kepada seluruh mahasiswa baru Universitas Jambi untuk tekun belajar dengan wawasan kebangsaan dan berniat membangun negeri.

“Anak-anakku, pertama kalian harus mampu menjadi seperti yang diinginkan orangtua kalian. Kemudian berniat memajukan bangsa sehingga bangsa kita terus mampu bersaing dengan bangsa lain,” ujarnya.

Menurutnya apabila penerus bangsa tidak kuat, maka ekonomi Indonesia juga tidak akan kuat. Sebab itu jangan sampai ke depan menjadi bangsa yang menjadi korban persaingan ekonomi sehingga berada di bawah intervensi.

Sebagai informasi, mahasiswa baru yang mengikuti kuliah umum kali ini terdiri dari 14 Fakultas Yang ada di Unja yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Peternakan, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Kehutanan, Fakultas Tehnik dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Selain memberikan kuliah umum, wapres juga memberikan kesempatan kepada maru Unja untuk bertanya langsung, maka dilakukan 2 sesi tanya jawab, dengan dimoderatori langsung Rektor Unja, tanya jawab diberikan dua sesi, dua orang penanya disesi pertama dan dua orang penanya disesi kedua.

SILVIA YULIANSARI
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com