UNJA KIRIM DELEGASI PADA HATEKNAS 2018

Riau– Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Peringatan Hakteknas yang merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi Indonesia ini berawal dari peluncuran dan penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 di Bandung.

Puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23 dilaksanakan di kota Pekanbaru, Riau, pada tanggal 10 Agustus 2018. Pemilihan kota Pekanbaru sebagai tuan rumah Hakteknas ke-23 melanjutkan tradisi Kementerian Riset, Teknologi untuk menyelenggarakan puncak peringatan Hakteknas di luar Jakarta. Peringatan Hakteknas ke-21 sebelumnya dilaksanakan di Solo, sedangkan Hakteknas edisi ke-22 dihelat di Makassar. Adapun tema Hateknas ke-23 yaitu inovasi untuk kemandirian pangan dan energi yang dibuka langsung oleh Menristekdikti dan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Ke-3 BJ. Habibie.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi (Unja), Dr. Ade Octavia dalam rilisnya mengatakan bahwa Unja berpartisipasi secara aktif pada kegiatan ini.

“Kita memamerkan produk-produk hasil penelitian dari para peneliti Unja diantaranya ProDufer ++ (Probiotik dan Starter untuk pakan limbah berserta tinggi), Starbo AFE (Starter untuk kompos), Kemudian ada Biochart, Biokompos dan Mikroriza)” Ujar Ade.

Ade juga menambahkan bahwa keseluruhan produk yang dipamerkan merupakan hasil penelitian CPPBT Ristekdikti dari Unja untuk tahun anggaran 2018.

“Semua produk yang kita pamerkan merupakan sumbangsih dari hasil penelitian dari tim peneliti Unja yang terdiri dari Prof. Adriani, Dr. Yurleni, dan Dr. Mairizal. Selain itu, Kita juga mengikutsertakan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Reklamasi Lahan di Ritech Expo” Tambah Ade.

Stand dari penelitian Unja juga banyak mendapatkan perhatian dari para stakeholeder yang mengujungi kegiatan tersebut.

“Salah satu yang mengunjungi dan meninjau langsung Stand PUI Reklamasi Lahan Unja yaitu Plt. Gubernur Jambi.” tutup Ade.

Peringatan Hakteknas tahun ini diselenggarakan untuk menghargai dedikasi dan prestasi membanggakan seluruh komponen bangsa yang telah mengembangkan iptek dan inovasi untuk peningkatan kesejahteraan, daya saing dan kemandirian bangsa. Selain itu juga sebagai upaya mendorong sinergi peran dan fungsi stakeholder inovasi di daerah yakni pemerintah daerah, akademisi, dunia usaha, masyarakat dan tentunya media massa.

AKBAR KURNIA PUTRA
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com