RAKOR KEHUMASAN 2018

Malang– Koordinator Pusat Informasi, Dokumentasi, Keluhan serta Hubungan Masyarakat (PIDK-HUMAS) Universitas Jambi (Unja) Akbar Kurnia Putra, SH., M.H. mengikuti kegiatan rakor kehumasan tahun 2018 yang diselenggarakan di malang, Jawa Timur pada tanggal 29-31 Agustus 2018. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (03/9).

Jumlah peserta yang hadir pada rakor tahun ini sebanyak 160 orang yang masing-masing mewakili PTN se-Indonesia dengan mengusung tema penguatan humas dalam menjawab tantangan era digital. Rakor juga dihadiri langsung oleh Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti Nada Marsudi.

“salah satu nawacita yang terkait langsung dengan aspek good governance adalah membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, dan terpercaya. Keterbukaan informasi public merupakan bagian dari aspek tersebut yang menjadi perhatian Presiden” Ujar Nada mengawali sambutannya.

Nada juga berpesan agar kinerja humas dituntut memiliki kecepatan dalam merespon dan memberikan informasi yang benar.

“Presiden meminta humas untuk membuat minimal satu good news setiap harinya. Ini semua demi menjaga NKRI” tambah Nada.

Sementara itu, Koordinator PIDK HUMAS Unja Akbar Kurnia Putra, SH., MH. Dalam keterangannya mengatakan bahwa rakor tahun ini menitikberatkan pada peran humas dalam menjawab tantangan di era digital.

“Era digital membawa tantangan tersendiri bagi dunia kehumasan. Di era ini humas dituntut untuk lebih aktif dalam menyebarkan informasi ke masyarakat melalui cara-cara yang efektif sesuai dengan perkembangan zaman. Humas juga harus responsive dalam mengahdapi isu-isu negative yang ada dimasyarakat” Ujar Akbar.

Selain rapat koordinasi, kegiatan tahun ini juga menghadirkan pembicara yang mumpuni dibidang komunikasi dan media social diantaranya yaitu Staff Khusus Presiden Bidang Komunikasi Kementerian dan Lembaga Aditia Irawati, Anggota Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) Dian Agustine Nuriman dan Pakar Digital dan Media Sosial Nukman Luthie serta Wakil Ketua Tim Sinergi Media Sosial Aparatur Negara (SIMAN) Pusat Kolonel Arwin Datumaya Wahyudi Sumari.

Rapat koordinasi tahun ini dihadiri seluruh humas di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti), Lembaga Pemerintah Non kementerian (LPNK) dilingkungan Kemenristekdikti.

AKBAR KURNIA PUTRA
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com