FAKULTAS PETERNAKAN KURBAN 8 EKOR SAPI

Mendalo– Ibadah qurban adalah meneyembelih hewan ternak pada hari Raya Idul Adha dan hari-hari Tasyirq tanggal 11,12,13 Dzulhijjah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hewan yang disembelih adalah hewan tertentu, misal kerbau, sapi, dan kambing dengan niat ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT.

Fakultas Peternakan Universitas Jambi (Unja) pada hari Rabu (22/8) mengadakan pemotongan delapan (8) ekor sapi kurban pada hari Raya Idul Adha 10 Dulhijjah 1439 Hijriyah di Fakultas Peternakan Unja Mendalo, pemotongan hewan kurban dilaksanakan setelah soal sholat Ied Adha sekitar pukul 08.00 WIB.

Dekan Fakultas Peternakan, Prof. Dr. Ir. Hj. Nurhayati, M.Sc.agr menyaksikan secara langsung pemotongan hewan kurban, dengan adanya pemotongan hewan kurban ini diharapkan dapat menjaga kebersamaan antara sivitas akademika fakultas Peternakan.

“Dengan kurban ini kita berharap ada kebersamaan antar dosen dan tenaga pendidik serta mahasiswa yang ada di Fakultas Peternakan, dan pelaksanaan pemotongan selalu melibatkan mahasiswa Fakultas Peternakan, kita juga berharap apa yang kita lakukan juga akan menular ke fakultas-fakultas lain,” Ujar Prof. Nur.

Selain itu ia juga menyebutkan sudah menawarkan ke fakultas lain untuk ikut bersama berkurban di fakultas Peternakan. “Sejauh ini sudah ada beberapa orang yang ikut bersama kita untuk berkurban,” tambahnya.

Sementara itu ketua panitia penyembelihan hewan kurban Ir. H. Zafrullah Zein, M.S mengatakan saat ini Fakultas menyembelih hewan kurban sebanyak 8 ekor sapi yang berasal dari Fapet Farm dan sapi gaduhan dari dosen.

“Alhamdulillan ini merupakan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban yang ke 24 kalinya oleh Fapet, pelaksanaan ini mulai dirintis di Unja telanai pada tahun 1994 dan sampai saat ini penyembihan dilakukan di Unja Mendalo dan mudah-mudahan sampai seterusnya kita bisa mengadakan penyembelihan hewan kurban di Fapet,” Ujarnya.

Kemudian Zafrullah juga mengatakan sekitar 600 kupon dibagikan kepada masyarakat sekitar kampus, fakir miskin, anak asuh, panti asuhan dan pasantren, hewan kurban merupakan kurban yang berasal dari warga Fapet dan Unja

Silvia Yuliansari
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com