WORKSHOP CALON DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH PANCASILA

Mendalo– Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jambi (Unja) mengadakan workshop calon dosen pengampu mata kuliah pancasila tahun 2018 di Ruang Senat Gedung Rektorat Lantai III Unja mendalo. Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari tersebut dibuka oleh Rektor Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D. (3/9)

Rektor dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini Unja kekuarangan dosen pengampu pada mata kuliah Pancasila sehingga regenerasi dosen pengampu tersebut harus segera dilaksanakan.

“yang menjadi dosen pengampu mata kuliah pancasila tidaklah sembarangan karena dosen tersebut harus mampu menerapkan pemahaman pendidikan Pancasila kepada mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan sehingga terbangun karakter bangsa yang lebih kokoh melalui pembelajaran dengan mata kuliah pendidikan Pancasila” Ujar Rektor.

Rektor juga berharap kepada peserta workshop untuk dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh sehingga output yang dicapai sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

“Dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila tidak bisa sembarangan. Oleh karenanya perlu dibekali sesuai dengan pasal 31 ayat (3) UUD 1945 mengenai tujuan pendidikan nasional yaitu meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia yang merupakan manifestasi dari sila pertama pancasila itu sendiri” tambah Rektor.

Untuk itu rektor mengharapkan kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan kesempatan kali ini dengan sebaik-baiknya apalagi narasumber merupakan tokoh nasional sejarawan Indonesia yang kapasitasnya tidak diragukan lagi dan saat ini menjadi tenaga profesional Lemhanas.

“Mudah-mudahan apa yang kita harapkan dari workshop calon pengampu mata kuliah Pancasila ini betul-betul sesuai dengan harapan, nanti bapak ibulah yang membekali para penerus bangsa, para generasi bangsa dan karena itu berikan contoh yang baik kepada mahasiswa kita dan berikan contoh yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila kepada mahasiswa kita” Tutup Rektor.

Sementara itu ketua LP3M yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Ir. Wiwaha Anas Sumadja, M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya mengatakan kegiatan dari LP3M tersebut dalam rangka melaksanakan salah satu misi LP3M yaitu meningkatkan kualitas SDM di lingkungan Unja guna mendukung percepatan pencapaian visi Unja.

“Mata kuliah Pancasila merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan stategis dan penting dalam membentuk sifat, karakter dan sikap peserta didik (mahasiswa) dalam berperilaku keseharian. Oleh karena itu, untuk menghasilkan peserta didik yang punya kepribadian baik perlu ada workshop untuk meng-update peningkatan pemahaman/pengetahuan dari para pengajar mata kuliah Pancasila agar pengajar/dosen memiliki kompetensi baik mampu memberika pengetahuan kepada peserta didik dengan baik,” tutup Wiwaha.

Sementara itu ketua panitia pelaksana kegaiatan, Dra. Fatria Dewi, M.Pd mengatakan output dari workshop kali ini adalah meningkatkan pemahaman pendidikan pancasila yang diikuti oleh perwakilan dari berbagai utusan dilingkungan Unja.

“Workshop diikuti sebanyak 70 dosen utusan dari fakultas yang ada dilingkungan Unja dengan menghadirkan nara sumber yang terdiri dari Dr. Anhar Gonggong, Tenaga Profesional Lemhanas, kemudian Prof. Dr. Sukamto Satoto, S.H., M.H., Prof. Dr. Aprizal Lukman, M.Pd., Prof. Dr. Ekawarna, M.Psi., Dr. Syamsurizal, M.Sc. serta M. Salam., M.Si “Ujar Fatria Dewi dalam laporannya.

SILVIA YULIANSARI
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com