KERJASAMA UNJA–TANOTO FOUNDATION, HASILKAN GURU PROFESIONAL

Jakarta-Universitas Jambi (Unja) telah menandatangani kerjasama dengan Tanoto Foundation untuk peningkatan mutu perkuliahan calon guru di Lembaga Pendidikan Tenaga kependidikan (LPTK) yang lebih menekankan kepada praktik termasuk mengintegrasikan peningkatan mutu sekolan mitra LPTK dengan perkuliahan calon guru.

“Saya mengapresiasi Tanoto Foundation yang peduli untuk peningkatan kualitas guru dan calon guru. Kerjasama ini akan kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk menghasilkan guru professional untuk membangun bangsa dan negara kedepan” Kata Rektor Unja, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D usai acara peluncuran Program PINTAR Tanoto Foundation, di kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta (28/9).

Program PINTAR atau Pengembangan Inovasi Kualitas Pembelajaran, berfokus pada tiga pendekatan yaitu membangun praktik-praktik baik pembelajaran, manajemen dan kepemimpinan sekolah; mendukung pemerintah menyebarluaskan praktik-praktik baik; dan mendukung LPTK dan pendidikan calon guru.

“PINTAR dirancang untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar melalui program penguatan kapasitas pengelolaan dan kepemimpinan sekolah, peningkatan kualitas guru, serta partisipasi orang tua dan masyarakat. Kami di Tanoto Foundation percaya bahwa pendidikan berkualitas akan mempercepat munculnya kesetaraan peluang. Keyakinan kami turut diperkuat dengan hasil penelitian McKinsey tahun 2017 bahwa program peningkatan kualitas guru dan kepemimpinan sekolah berdampak besar bagi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia ” Kata Anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation Belinda Tanoto.

Program PINTAR yang bekerjasama dengan Unja merupakan program pendidikan yang dikembangkan oleh Tanoto Foundation. Program yang dibiayai secara filantropis oleh Sukanto dan inah Bingei Tanoto ini sebelumnya dikenal dengan nama Program Pelita Pendidikan yang bertujuan mendukung program nasional dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar.

Sejak Tahun 2010, program tersebut telah dikembangkan di Sumatera Utara, Riau dan Jambi yang kemudian pada tahun 2018 Program Pelita Pendidikan bertransformasi menjadi Program PINTAR dan pada bulan September 2018, 12 Dosen FKIP Unja telah ikut dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation.

ANWAR
AKBAR KURNIA PUTRA
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com