SEMINAR KEWIRAUSAHAAN

Mendalo,– Universitas Jambi (Unja) bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga mengadakan seminar Kewirausahaan dengan mengangkat tema Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda yang dibuka langsung oleh Rektor Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph. D., di Aula Rektorat lantai 3 Kampus Unja Mendalo.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Deputi Kewirausahaan Kemenpora RI, Drs. Imam Gunawan, M.A.P., Komisi X DPR RI, Ir. H.A.R. Sutan Adil Hendra, M.M., Ketua Inkubator Bisnis Unja, Drs. Agus Syarif, M.B.S. Adapun peserta seminar kewirausahaan ini adalah mahasiswa, organisasi kepemudaan, forum kewirausahaan pemuda dan masyarakat umum.

Rektor dalam sambutannya mengatakan bahwa peserta yang hadir pada seminar kewirausahaan kali ini sangat beruntung karena dalam seminar ini hadir narasumber yang sangat berkompeten untuk ditimba ilmu dan pengalamannya.
“Seminar ini sangat tepat dilaksanakan untuk menuju perekonomian yang baik. Apalagi di Unja sangat ditekankan untuk memiliki jiwa entrepreneur,”Ujar Rektor.

Masih menurut Rektor, semenjak November 2017 lalu Unja sudah berstatus BLU-PTN secara penuh. Dengan status BLU, Unja lebih fleksibel dalam hal pengurusan pengelolaan keuangan serta dinobatkan sebagai PTN BLU terbaik berdasarkan keputusan Kemenristekdikti dalam hal tata pengelolaan keuangan.

“Ini semua tidak bisa kita wujudkan tanpa kebersamaan kita,”tambah Rektor. Sementara itu, Asisten Deputi Kewirausahaan Kemenpora, Drs. Imam Gunawan, M.A.P., mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan minat kewirausahaan bagi mahasiswa maupun generasi muda pada umumnya sehingga akan lahir para wirausahaawan muda yang tangguh dan memiliki daya saing di kancah global.

“Melahirkan wirausaha tidak bisa sendirian, kita harus bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk Universitas Jambi,”ungkapnya.
Sementara itu, perwakilan Komisi X DPR RI juga menyampaikan bahwa kewirausahaan sering sekali kita mengartikan dalam pandangan yang sempit, kewirausahaan hanya dipandang sebagai jiwa warausaha secara ekonomi. Padahal di Negara maju kata kewirausahaan dipandang secara luas adalah sikap mental yang mandiri, positif, dan mengedepankan daya saing.

“Oleh karena itu, dewasa ini kampus diharapkan mampu menopang tumbuh kembangnya kewirausahaan pemuda, karena kampus memiliki potensi besar pendidikan yang tidak hanya berperan sebagai pusat inkubasi kewirausahaan tetapi mampu sebagai media pengembangan yang sangat efektif bagi kewirausahaan” Ujar Sutan Adil.

SILVIA YULIANSARI
IRWAN

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com