FKIP BENTUK TIM JURNAL INTERNASIONAL

Muaro Jambi – Jurnal ilmiah elektronik merupakan wadah publikasi berisi sejumlah artikel ilmiah yang diterbitkan secara berkala pada waktu tertentu dengan tujuan untuk menyebarkan pengetahuan, hasil penelitian, dan temuan baru. Seiring perkembangan di era modrn seperti saat ini, keberadaan jurnal ilmiah saat ini menjadi bagian penting. Hal ini dikatakan oleh Wakil Dekan I FKIP bidang BAKSI Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D.

Ditemui seusai menggelar pertemuan dengan tim pengelola jurnal di FKIP Universitas Jambi di ruang rapat Dekan FKIP, Kamis (29/11), WD I mengatakan, keberadaan jurnal ilmiah online dengan system OJS yang dikelola dengan profesional akan lebih memudahkan para peneliti dalam mengakses jurnal. Selain lebih menguntungkan, keberadaan jurnal ilmiah online juga menjadi salah satu keunggulan institusi. Untuk mewujudkannya, FKIP membentuk tim pengelola jurnal agar jurnal ilmiah dimasing-masing program studi bisa menuju internasional.

“Dengan terbentuknya tim jurnal ini diharapkan kerjasama dan publikasi dosen FKIP meningkat hingga bisa raih jurnal internasional. Dengan tata kelola yang baik dan pengarahan dari Pak Amir dan timnya bersama pengelola jurnal di 13 prodi diharapkan jurnal di masing-masing prodi di FKIP akan berkualitas” katanya.

Masih kata WD I, adanya tim pengelola jurnal dan setelah jurnal ilmiah di FKIP sudah memenuhi standar internasional akan mempermudah publikasi ilmiah khususnya bagi para dosen di FKIP Universitas Jambi dan peneliti atau penulis dari luar FKIP Universitas Jambi.

“Ini juga dalam rangka untuk meningkatkan publikasi ilmiah dosen FKIP Unja, jadi dosen juga akan terbantu publikasiinya dengan keberadaan jurnal di FKIP ini,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Akhmad Habibi, M.Pd salah satu tim yang menjadi pengarah dalam pengelolaan jurnal ilmiah menuturkan, pengelolaan jurnal di lingkungan FKIP harus mengikuti standar yang telah ditetapkan seperti Scopus yang merupakan salah satu pengindeks jurnal internasional.

“Untuk mendapat jurnal yang baik kita harus mengikuti standar yang sudah ditentukan seperti Scopus,” ucapnya.

DINA YULIANA, RATNA YUSMITA
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com