UNJA KIRIM PESERTA PPL SEA TVET KE FILIPINA

Mendalo-Universitas Jambi (Unja) kembali mengirimkan tiga mahasiswa kelompok terakhir yang diberangkatkan untuk mengikuti kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) International ASEAN 2019 ke Filipina (24/1).

“Hari ini diberangkatkan tiga mahasiswa dari Fakultas Pertanian dan Biologi untuk ikut program PPL SEA TVET di Filipina” Ujar Rahmalia yang juga merupakan project officer PPL ASEAN pada UPT Layanan Internasional sebagaimana yang dirilis oleh KBN Antara Jambi

Mereka akan tinggal di negara tujuan selama 28 hari. Sedangkan kelompok pertama yang telah diberangkatkan sejak pertengahan Januari 2019.

“Delapan mahasiswa Unja telah berangkat lebih awal. Semuanya berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Mereka semuanya ikut program mengajar” tambah Rahmalia

Namun berbeda dengan tiga mahasiswa yang diberangkatkan terakhir. Mereka akan bergabung dan melakukan PPL Internasional di bidang industry pertanian disana. Sedangkan di Jambi saat ini terdapat delapan mahasiswa Thailand dan Filipina yang ikut pada program yang sama.

“Kalau dari FKIP itu programnya mengajar, sementara yang dari Fakultas Pertanian mereka akan PPL di industry disana. Rata-rata mereka akan kembali lagi ke Jambi pada tanggal 10 Februari mendatang” tutup Rahmalia.

Sea Teacher atau juga biasa disebut dengan Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia adala sebuah program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari universitas yang ada di Asia Tenggara untuk memiliki pengalaman praktikum mengajar di sekolah-sekolah di negara-negara di Asia Tenggara.

Program SEA Teacher Project ini diinisiasi oleh Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) yang merupakan sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 1965 yang melibatkan negara di Asia Tenggara untuk mempromosikan kerjasama dibidang Pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan di negara-negara anggota.

AKBAR KURNIA

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com