MENGENAL PUSAT STUDI NANO MATERIAL

Mendalo-Indonesia merupakan salah satu Negara yang banyak memiliki sumber-sumber energi alternatif seperti energi matahari, angin, air, bio-energi dll. Provinsi Jambi termasuk salah satu provinsi yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, khususnya sumber-sumber daya alam yang dapat digunakan sebagai sumber energi. Baik itu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti sumber minyak bumi dan gas alam, maupun sumber daya alam yang bisa diperbaharui seperti kelapa sawit, karet dll. Namun, banyaknya sumber daya alam yang dimiliki ini masih kurang dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber energi alternatif.

Sebagai salah satu institusi pendidikan di Provinsi Jambi, beberapa staf pengajar Universitas Jambi dalam Pusat Studi Energi dan Nanomaterial (PS-ENAM) telah berupaya melakukan penelitian tentang pencarian dan konservasi energi serta pengembangan material-material baru yang dapat menunjang produksi energi yang ada. Demi terwujudnya tujuan tersebut, Pusat Studi Energi dan Nano Material (PS-ENAM) melakukan beberapa kegiatan penelitian/pengkajian dan pengabdian kepada masyarakat yang difokuskan kepada Green Technology untuk bidang teknologi energi dan nano-material, bahan energi alternatif seperti bio-diesel dan bio-bensin dari CPO, serta bensin dari sampah plastik. Selain itu, Pusat Studi Energi dan Nanomaterial (PS-ENAM) juga melakukan pengembangan material-material baru (nano-material) seperti katalis, dan absorben yang berbasiskan kekayaan alam lokal Provinsi Jambi.

Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Studi Energi dan Nano Material (PS-ENAM) ini telah menghasilkan beberapa hasil seperti Bio-diesel dari Crude Palm Oil (CPO), Bensin dari plastik, Aquadest, Katalis Zeolite, dan Arang Aktif. Selain itu, Pusat Studi Energi dan Nanomaterial (PS-ENAM) juga memiliki fasilitas yang sangat menunjang dalam melakukan berbagai kegiatan, seperti Penjernihan Air, Distilasi Bertingkat, Gas Chromatography, Distilasi Aquadest, Controller, Furnace, dan juga berbagai jenis reaktor. Dengan adanya fasilitas yang sangat memadai tersebut, Pusat Studi Energi dan Nano Material (PS-ENAM) sering mendapatkan mahasiswa tamu untuk melakukan penelitian, seperti dari Universitas Sriwijaya, dan UIN Sultan Thaha. Selain kunjungan dari mahasiswa, Pusat Studi Energi dan Nano Material (PS-ENAM) juga sering mendapatkan kunjungan dari berbagai pihak seperti Dekan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, Dosen-dosen STITEKNAS Jambi, Guru dan Siswa SMPIT Nurul Ilmi, Kasi Investasi Bioenergi Kementrian ESDM, Kasubdit DRPM DIKTI, dan Reviewer DIKTI.

Selain kegiatan penelitian, Pusat Studi Energi dan Nano Material (PS-ENAM) juga melakukan berbagai kegiatan lain seperti kunjungan ke PT Sumbertama Nusa Pertiwi yang bergerak dibidang pengolahan kelapa sawit dan PERTAMINA EP Asset 1 Jambi, pengabdian masyarakat berupa pembuatan alat penjernihan air di Pesantren Saadatudaren Seberang Kota Jambi, dan Masjid Baitul Ma’mur Jambi, serta pelatihan-pelatihan untuk mahasiswa. Dimana pelatihan yang diadakan oleh Pusat Studi Energi dan Nano Material (PS-ENAM) tersebut berupa Pelatihan Endnote, Mathlab, TOEFL, dan Gas Chromatography.

Pusat Studi Energi dan Nano Material (PS-ENAM) juga berperan aktif dalam berbagai acara yang ditujukan untuk memperkenalkan Green Energy, seperti dengan mengikuti Global Entrepreneurship Week Universitas Jambi, Kuliah Umum Manajemen & Teknologi Energi yang diadakan oleh Teknik Kimia Universitas Jambi, Talkshow Move On ke Produk Berkualitas yang diadakan oleh PERTAMINA, Bio-Energy Goes to Campus Universitas Jambi, Kuliah Umum Oil & Gas Processing and Facilities, dan juga Kuliah Umum Success Job Recruitment.

Pusat Studi Energi dan Nano Material juga memfasilitasi penelitian mahasiswa di empat program studi yakni Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan. Selain itu juga, Pusat Studi energi dan Nano Material memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa dari program studi Diploma 3 Kimia Industri dan Kimia Analisis untuk mengadakan praktikum mengenai material serta membantu memfasilitasi penelitian-penelitian mahasiswa dari Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Sains dan Teknologi.

Diharapkan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Pusat Studi Energi dan Nano Material (PS-ENAM) tersebut mampu memberikan kontribusi terbaik untuk masyarakat dan Negara. Adapun kegiatan-kegiatan PS Energi dan Nano Material bisa dilihat di www.psenam.lppm.unja.ac.id

NAZARUDIN
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com