10 SMA/SMK TANDATANGANI KERJASAMA PELAKSANAAN UTBK DENGAN UNJA

Mendalo- Berbeda dari tahun sebelumnya, di tahun ini tahapan SBMPTN sedikit berubah. Peserta akan tes terlebih dulu setelah mendapat nilai baru kemudian mendaftar perguruan tingg. Pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2019 hanya menerapkan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja, sedangkan Metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) resmi ditiadakan pada tahun ini.

Untuk pelaksanaan Ujian tersebut, Unja menggandeng 10 SMA/SMK yang ada di Kota Jambi dan SMA/SMK di Kabupaten Muaro Jambi untuk pelaksanaan UTBK tersebut. Sekolah tersebut yaitu SMK Negeri 3 Kota Jambi, SMAN 6 Kota Jambi, SMAN 1 Kota Jambi, SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi, SMKN 1 Kota Jambi, SMAN 1 Muaro Jambi, SMA Titian Teras H. Abdul Rahman Sayuti, SMA Xaverius 1 Kota Jambi, SMAN 3 Kota Jambi dan SMK 4 Kota Jambi.

Kegiatan penandatanganan kerjasama pelaksanaan UTBK berlangsung di Ruang Senat Gedung Rektorat Lantai III Unja Mendalo. Penandatangan di hadiri Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. H. RA. Muthalib, M.S, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Drs. Hj. Aprillitzavivayarti, M.M, Ketua Pelaksana UTBK Unja, Indra Sulaksana, Kepala Sekolah dan Operator 10 Sekolah yang bekerjasama.

Prof. Muthalib dalam sambutannya mengatakan untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer diperlukan sekitar 1000 PC untuk pelaksanaan ujian tersebut.

“Memang sudah diperintahkan oleh LTMPT dan Kementerian bahwa kita perlu bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di Jambi, karena untuk pelaksanaan ujian memerlukan 1000 PC, sedangkan Unja saat ini memiliki 350 PC, kekurangan itu kita bermitra dengan luar, maka setelah dilakukan survey kita menuju ke sekolah-sekolah. Ada 10 sekolah, 10 ini yang kita tunjuk sesuai dengan pc yang ada,” Ujar Prof Muthalib.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan dari koordinator operator UTBK Indra Sulaksana yang menjelaskan tentang pelaksanaan dan penggunaan komputer bagi peserta test UTBK, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Unja dan sekolah mitra.

SILVIA YULIANSARI ASRIL

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com